Sukses

Presiden Jokowi Dituntut Kembangkan Riset dan Teknologi

Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraannya mengatakan akan mengubah sifat konsumtif masyarakat menjadi produktif.

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan ekonomi Tanah Air tidak menentu. Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraannya mengatakan akan mengubah sifat konsumtif masyarakat menjadi produktif. Namun, inovasi dan kreativitas menjadi catatan penting yang harus dilakukan pemerintah untuk mewujudkan hal tersebut.

Ilmuwan Ninok Leksono mengatakan kemajuan ekonomi sulit terlaksana lantaran pemerintah belum serius mengembangkan riset dan teknologi.

"Riset dan teknologi yang kita lakukan berdasarkan data PBB itu cuma 0,08 persen. Ini bagaimana mau maju?" ujar Ninok dalam diskusi di bilangan Menteng Jakarta, Sabtu (15/8/2015).

Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) itu menilai, semua konsep ekonomi dan pembangunan yang dilakukan pemerintah sudah sangat baik. Namun, dia menyayangkan cara menginterprestasikan konsep tersebut.

"Kita itu udah baik dan benar pemikirannya. Tapi, daya kita untuk mengupayakan itu semua, masih sangat kurang sekali," ucap Ninok.

Di sisi lain, Nino pun menjelasan dan memberi contoh bagaimana Indonesia masih belum peduli dengan teknologi yang sudah ada.

"Garuda Indonesia kita sudah diakui dan bersanding dengan Air Bus di Singapura, tapi di sini hanya mojok di terminal 3, karena Bandara Soetta sudah ramai dan tidak diperhatikan," pungkas Nino. (Bob/Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini