Sukses

Libur Panjang, Puncak Bogor Diserbu 27 Ribu Kendaraan

Peningkatan volume kendaraan sudah terjadi sejak Jumat 14 Agustus 2015 malam.

Liputan6.com, Bogor - Memasuki hari pertama libur panjang menjelang Hari Kemerdekaan, sejumlah tempat wisata di Puncak, Bogor, Jawa Barat diserbu wisatawan. Akibatnya, ribuan kendaraan mengular 8 kilometer di sepanjang jalur Puncak, dari Gadog hingga Gerbang Tol (GT) Ciawi.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Ajun Komisaris Bramastyo, mengatakan peningkatan volume kendaraan sudah terjadi sejak Jumat 14 Agustus 2015 malam. Tercatat sekitar 27 ribu kendaraan sudah melewati Gerbang Tol Ciawi.

"Sekitar 27 ribu kendaraan sudah lewat Gerbang Tol Ciawi selama 24 jam terakhir. Diprediksi akan terus bertambah," ungkap Bramastyo saat dihubungi, Sabtu (15/8/2015).

Kepadatan terjadi di beberapa titik seperti Jembatan Gadog, Tanjakan Selarong, dan Masjid Cipayung. Kemudian jalan menjelang pintu masuk tempat wisata juga terjadi kepadatan, seperti Taman Safari dan Taman Wisata Matahari.

Untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas, Satlantas Polres Bogor sudah memberlakukan rekaya lalu lintas dengan memberlakukan sistem satu arah atau one way system. Pemberlakuan dimulai sejak pukul 09.00-12.00 WIB.

"Kita tutup kendaraan dari arah Cianjur kemudian memprioritaskan kendaraan dari arah Jakarta. Namun sekarang kita sedang proses normalisasi arus lalu lintas untuk menghindari kepadatan akibat penutupan jalur," jelas Bramastyo.

Dia pun mengimbau agar pengendara tetap bersabar dan tidak melakukan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas. Ditambah jika terjadi hujan, jalan menjadi licin dan berkabut.

"Karena biasanya awal kecelakaan itu bisa dari pelanggaran rambu-rambu lalu lintas," pungkas Bramastyo. (Bob/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini