Sukses

Kedutaan AS Resmi Dibuka di Havana Kuba

Langkah ini mencairkan hubungan kedua negara yang telah beku sejak 1961, pada saat puncak Perang Dingin.

Liputan6.com, Havana - Amerika Serikat membuka kembali kedutaan mereka di Havana, ibukota Kuba. Langkah ini mencairkan hubungan yang telah beku sejak 1961, pada saat puncak Perang Dingin.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, menjadi pejabat Amerika yang melakukan peresmian terhadap kedutaan tersebut.

Dikutip BBC, Sabtu (15/8/2015), pembukaan ini menjadi wakil dari normalisasi hubungan diplomatik antara Washington dan Havana yang berantakan segera sesudah pemimpin Revolusi Kuba, Fidel Castro, mengambil alih pemerintahan di sana.

Tiga orang mantan anggota marinir Amerika yang terakhir kali menurunkan bendera pada saat penutupan kedutaan di tahun 1961, diberi tugas untuk menaikkan kembali bendera Amerika pada upara itu.

Presiden Obama dan rekannya dari Kuba, Raul Castro, sepakat bulan Desember lalu untuk mengembalikan hubungan diplomatik kedua negara.

Sejak kesepakatan itu, AS telah memperlonggar pembatasan-pembatasan terkait perjalanan dan perdagangan.

Fidel Castro tidak menyambut terlalu antusias pemulihan hubungan itu dengan membuat surat terbuka untuk rakyat Kuba.

Selain itu, Kuba juga telah membuka kedutaan besar mereka di Washington pada Juli lalu. (Ali/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini