Sukses

SBY Berburu Kuliner Saat Jokowi Pidato di MPR Paling Dicari

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo, Jumat 14 Agustus 2015 membacakan pidato tahunan pertamanya di Ruang Sidang Utama Gedung MPR, Senayan, Jakarta. Semua pejabat tinggi negara menghadiri pidato tahunan itu. Termasuk mantan presiden dan mantan wakil presiden.

Namun, dalam barisan mantan presiden tidak terlihat Soesilo Bambang Yudhoyono. Presiden ke-6 RI itu ternyata memang tidak hadir dalam sidang paripurna pidato tahunan pertama Presiden Jokowi.

SBY ternyata diketahui berada di Yogyakarta sejak Jumat pagi. Dia berangkat ke Kota Gudeg menggunakan Kereta Api Argo Lawu. SBY sampai di Stasiun Tugu dan langsung menuju hotel.

Berita ini menjadi kabar terpopuler sepanjang Jumat 14 Agustus 2015. Ada juga kabar lainnya, yakni TNI  langsung mendirikan pos jaga di Kampung Yakyu, Kabupaten Merauke, usai tentara Papua Nugini masuk ke wilayah RI.

Berikut daftar 5 kabar terpopuler Liputan6.com sepanjang Jumat 14 Agustus 2015 :

1. Absen di Pidato Jokowi, SBY Berburu Kuliner

Presiden Joko Widodo membacakan pidato tahunan pertamanya di Ruang Sidang Utama Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Jumat 14 Agustus 2015. Semua pejabat tinggi negara ini menghadiri pidato tahunan itu. Termasuk mantan presiden dan mantan wakil presiden.

Namun, dalam barisan mantan presiden tidak terlihat Soesilo Bambang Yudhoyono. Presiden ke-6 RI itu ternyata memang tidak hadir dalam sidang paripurna pidato tahunan pertama Presiden Jokowi.

SBY ternyata diketahui berada di Yogyakarta sejak Jumat pagi. Dia berangkat ke Kota Gudeg menggunakan Kereta Api Argo Lawu. SBY sampai di Stasiun Tugu dan langsung menuju hotel.

Wakil Ketua 2 DPD Partai Demokrat Yogyakarta Putut Wiryawan mengatakan, SBY sudah berada di Yogya sejak Jumat dini hari. Dia akan tinggal di kota Sultan selama beberapa hari untuk mengikuti acara partai dan pribadi. Untuk agenda hari ini, SBY tengah mengikuti acara pribadi di Purworejo.

Selengkapnya

1 dari 3 halaman

TNI Bangun Pos

2. TNI Bangun Pos Jaga Setelah Masuknya Tentara PNG ke Wilayah RI

Setelah masuknya tentara Papua Nugini ke wilayah RI tepatnya di Kampung Yakyu, Kabupaten Merauke, awal Agustus lalu, TNI langsung mendirikan pos jaga di wilayah tersebut. Pos ini dijaga oleh anggota TNI yang tergabung dalam pasukan pengamanan perbatasan.

"Pendirian pos di Kampung Yakyu dilakukan setelah terjadinya kasus tersebut," kata Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Supartodi di Papua Nugini, Jumat (14/8/2015).

Supartodi sebelumnya mendapat laporan bahwa satu regu Tentara Papua Nugini (PNG) masuk ke wilayah RI secara ilegal yakni ke kampung Yakyu, Rawa Biru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke pada 7 Agustus 2015.

Selengkapnya

3. Saat Ada 2 Teks Proklamasi Kemerdekaan: Versi Sukarno dan Sjahrir

Beberapa hari sebelum Indonesia merdeka 17 Agustus 1945, terjadi perdebatan dan keinginan berbeda antara golongan tua dan kaum pemuda kala itu.

Sejak mengetahui Jepang menyerah pada sekutu karena dijatuhkannya bom atom pada 6 dan 9 Agustus 1945 di Hiroshima dan Nagasaki, para pemuda yang bergerak secara 'underground' mendesak pemimpin bangsa, Sukarno dan Mohammad Hatta segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Namun, Sukarno dan Hatta yang mewakili golongan tua bersikeras untuk tidak terburu-buru mendeklarasikan kemerdekaan.

Sejarawan JJ Rizal mengutarakan salah satu alasan Sukarno dan Hatta tak mau menuruti keinginan kaum pemuda itu. Yakni kekuatan Jepang saat itu masih sangat powerfull.

Selengkapnya

2 dari 3 halaman

Pidato Lengkap Jokowi

4. Isi Lengkap Pidato Kenegaraan Perdana Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan perdana dalam Sidang Bersama DPR dan DPD. Ada hal-hal menggembirakan dan kurang menggembirakan.

Jokowi memaparkan Indonesia sebagai bangsa yang besar. Namun ada sejumlah cobaan datang menerpa. Meski demikian Jokowi optimistis Indonesia dapat mengatasi segala persoalan yang menghadang.

Selengkapnya

5. Penampakan Seram Serupa Uskup di Katedral Kuno, Hantu?

Seorang wanita mendapati penampakan mengejutkan saat mengambil gambar di sebuah katedral kuno. Ia menangkap sesosok bayangan yang diduga hantu uskup dari abad XI.

Dalam foto yang dijepret bulan lalu itu, Kerry Launders memotret interior menakjubkan dari Katedral Norwich, Norfolk, saat siang hari. Kala itu ia bersama pasangannya, Simon Tobb dan anak-anaknya, Millie dan Oscar.

"Aku membidik foto di lengkungan itu dari kameraku, dan di sanalah sosok itu terlihat. Padahal tak ada orang di atas sana," ucap Launders dari Bury, Greater Manchester, Inggris seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (14/8/2015).

Selengkapnya

(Ron)