Sukses

60 Penyair Bacakan Puisi Kuno Iliad Selama 15 Jam

Lebih dari 60 aktor dan penampil bergantian membacakan puisi kuno sepanjang 15.000 kata yang bercerita tentang Perang Troya.

Liputan6.com, London - Lebih dari 60 aktor dan penampil bergantian membacakan Illiad, satu di antara puisi kuno terpanjang di dunia, Jumat 14 Agustus 2015. Puisi sepanjang 15.000 kata itu bercerita mengenai Perang Troya.

"Pembacaan karya penyair Homer ini berlangsung secara maraton, memakan waktu total sekitar 15 jam, mulai dari pukul 09.00 di British Museum di Bloomsbury, London, dan berakhir pukul 20.00 di Almeida Theatre di Islington, juga di London," tulis BBC yang dikutip pada Sabtu (15/8/2015).

Beberapa aktor dan penampil yang terlibat dalam pembacaan ini antara lain ahli fisika dan pembawa acara TV Brian Cox, aktor Rory Kinnear (film James Bond, Quantum of Solace dan Skyfall), aktris Lesley Manville (film Maleficent dan Mr. Turner) dan Ian Hart (aktor di film Harry Potter).

Adapun pertunjukan ini disutradarai oleh Rupert Goold dan Robert Icke. Pembacaan ini juga disiarkan secara live streaming di laman Almeida Theatre.

Penyair Homer. (www.almeida.co.uk)

Illiad dan Odyssey

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Illiad diyakini sebagai karya terkenal dari Hormer selain Odyssey. Puisi-puisi Homer mengilhami karya-karya Shakespeare dan sastra klasik lainnya. Karya yang disebarkan secara lisan ini abadi, telah berabad-abad melampaui ruang dan waktu hidupnya.

Iliad sendiri mengisahkan bagian dari tahun terakhir pengepungan Troya, yang menceritakan peristiwa berdarah. Salah satu tokoh central dalam Illiad adalah Achilles. Sedangkan Odyssey yang tersusun dari 12.110 baris menceritakan perjalanan pulang Odyyseus setelah Perang Troya usai.

Banyak ahli sepakat bahwa Illiad dan Odyssey telah mengalami perubahan dan peningkatan selama abad ke-8 dari bahan aslinya.

Homer diperkirakan hidup sekitar abad 8 Sebelum Masehi. Sejarawan Yunani Herodotus (484-425 SM), yang sering disebut sebagai bapak sejarah, menempatkan masa hidup Homer beberapa abad sebelum dirinya, sekitar 850 SM. (Ans/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.