Sukses

Minta Hujan, Gubernur Aher Pimpin Ratusan PNS Jabar Salat Istisqa

Selain Aher, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar juga turut mengikuti salat istisqa yang telah digelar sebanyak 2 kali ini.

Liputan6.com, Bandung - Ratusan pegawai negeri sipil (PNS) yang berada di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar salat istisqa untuk meminta hujan di halaman Gedung Sate, Bandung. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memimpin langsung salat ini.

Pria yang karib disapa Aher itu mengatakan, akibat kekeringan yang terjadi, 110 ribu hektare tanaman padi mengalami gagal panen di wilayah Jabar.

Meski begitu, politisi PKS itu mengaku, ada sejumlah daerah yang sempat diguyur hujan selama kemarau ini. Namun hujan tersebut tak turun merata. Karena itulah salat istisqa ini digelar.

Selain meminta hujan, jemaah salat ini juga memohon keselamatan agar Jawa Barat terhindar dari bencana banjir.

"Kita inginkan hujan. Kita akan membudayakan. Saya ingin mengikuti zaman nabi," kata Aher usai memimpin salat di lokasi, Bandung, Jabar, Jumat (14/8/2015). "Salat tidak mesti hari Jumat dan berjamaah, sendiri juga bisa," imbuh dia

Aher pun mengimbau para kepala daerah yang berada di Jabar untuk ikut melakukan salat istisqa. Dia juga meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memberikan surat edaran terkait anjuran salat istisqa.

"Saya sudah edarkan imbauan ke bupati/walikota agar digelar istisqa. Saya juga ingin edarkan ke MUI. Tentu wajar (rutin), zaman nabi juga begitu," tutur dia.

"Ketika hujan diturunkan di persawahan ada penyelesaian. Tapi kan kita minta hujan terus-menerus, kalau hujan sekarang, terus besoknya tidak, ya tidak (maksimal)," pungkas Aher.

Selain Aher, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar juga turut mengikuti salat istisqa yang telah digelar sebanyak 2 kali ini. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini