Sukses

Prajurit TNI yang Coba Merampok di Bekasi Pernah Jaga Rumah KSAD

"Pimpinan AD tidak akan mentolerir pelanggaran sekecil apapun apalagi penyalahgunaan senjata. Kalau perlu diamputasi, amputasi saja."

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Wuryanto membenarkan pelaku percobaan perampokan yang babak belur dihakimi warga Bekasi adalah anggotanya. Saat ini status Kopda Imam Sopingi adalah tahanan Subdenpom Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Wuryanto, Imam pernah bertugas menjaga rumah Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di Pondok Bambu Jakarta Timur, saat Gatot masih menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

"Yang bersangkutan masih belum sadar di rumah sakit. Tapi dalam status tahanan Subdenpom Bekasi. Untuk pelaku yang satu belum diketahui. Dulu memang Sprint Gas (Surat Perintah Tugas)-nya jaga kediaman KSAD. Tapi 22 Juli 2015 sudah dicabut," terang Wuryanto kepada Liputan6.com, Jumat (14/8/2015).

Saat ini, lanjut Wuryanto, Kopda Imam terdaftar sebagai anggota Denma Mabes AD. Wuryanto pun mengatakan, Subdenpom akan menyelidiki asal senjata api yang digunakan Imam saat merampok. Dugaan Wuryanto, senjata api itu didapat Imam dari pasar gelap.

"Senjata api itu bukan organik. Itu juga akan diselidiki Subdenpom Bekasi, darimana dia dapatkan senjatanya," ujar Wuryanto.

Atas kejadian ini, Wuryanto mengimbau seluruh anggota TNI untuk menggenapi sumpah prajurit yang salah satunya adalah menegakkan aturan. Dia menambahkan, tidak ada ruang di Kesatuan TNI bagi prajurit yang melakukan tindak pidana.

"Pimpinan AD tidak akan mentolerir pelanggaran sekecil apapun apalagi penyalahgunaan senjata. Kalau perlu diamputasi, amputasi saja. Jangan sampai nama baik matra tercoreng oleh ulah satu, dua prajurit," kata Wuryanto dengan nada geram.

Imam Sopingi berusaha merapok pasangan suami istri di Kampung Kepuh, Desa Waringin Jaya, Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Kamis kemarin. Kejadian bermula saat korban Giatno (36) dan istrinya Sudarsih (37) baru saja pulang berdagang sembako. Saat hendak memasuki rumah, tiba-tiba dua pria menghadang mereka sambil menodongkan pistol.

Korban berusaha melawan para perampok dengan merebut pistol, tapi pistol melontarkan peluru ke arah paha kiri Giatno. Warga sekitar yang mendengar teriakan minta tolong dan suara tembakan langsung mendatangi sumber suara. Warga yang mendapati tetangganya sedang ditodong langsung meringkus pelaku dan memukulinya.

Akibat amuk masa, pelaku mengalami luka robek di kepala. Sementara pelaku lainnya berhasil melarikan diri. Polisi yang tiba di lokasi kemudian menggeledah pelaku dan mendapati Kartu Tanda Anggota (KTA) TNI AD atas nama pelaku. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.