Sukses

Bertemu Senator AS, Jokowi Beber Pemerintah Perangi Korupsi

Jokowi dan para senator AS banyak membahas mengenai kerja sama ‎perdagangan dan investasi antara Indonesia-AS. ‎

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan delegasi anggota Senat Amerika Serikat di Istana Merdeka Jakarta, Kamis 13 Agustus 2015 malam. Dalam pertemuan itu, Jokowi dan para senator AS banyak membahas mengenai kerja sama ‎perdagangan dan investasi antara Indonesia dengan AS. ‎

"Saya sampaikan kita akan lebih intens lagi pada pasar Amerika," ujar Jokowi usai menerima delegasi Amerika Serikat.

Jokowi juga mengatakan Indonesia meminta agar jangan ada hambatan tarif atas barang-barang produk Indonesia. Khususnya pada‎ produk-produk yang masuk ke AS agar tidak terkena hambatan tarif yang tidak bersahabat pada produk Indonesia. ‎

Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang Jepara, Istana Merdeka itu, Jokowi menjelaskan kepada para delegasi Senat Amerika Serikat mengenai upaya pemerintah saat ini dalam memerangi korupsi. ‎

"Kemudian tadi yang menanyakan hal yang berkaitan dengan masalah penangan korupsi saya juga sampaikan ini, ini, ini. dan pencegahannya ini, ini, ini," ucap mantan walikota Solo ini.

Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi mengatakan, delegasi senat AS memberikan apresiasi atas kebijakan ekonomi. Selain itu mereka juga merespons positif kebijakan penanganan korupsi dan juga upaya pengalihan subsidi bahan bakar ke subsidi yang lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Jadi sebagian besar dari senator itu baru pertama kalinya berkunjung ke Indonesia dan ini adalah kesempatan baik untuk memberikan potret Indonesia yang benar di Amerika dan mereka berasal dari Partai Republik dan dalam kesempatan itu, bahwa presiden menjelaskan secara rinci mengenai kebijakan yang sudah disampaikan dan mereka sangat mengapresiasi kebijakan presiden," ucap Retno.

Anggota Senat Amerika Serikat yang bertemu Presiden Joko Widodo masing-masing Senator John Coryn dari Texas yang merupakan orang nomor dua dari Partai Republik di Senat, Senator Pat Roberts dari Kansas, Senator David Perdue dari Georgia, Senator Thom Tillis dari North Carolina dan anggota Kongres Ted Poe dari Texas.

Saat ini Partai Republik merupakan mayoritas di Senat Amerika Serikat dengan 54 senator sementara Partai Demokrat 44 senator serta ada 2 senator independen.‎ (Ali/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini