Sukses

Kakek 91 Tahun Akhirnya Lulus SMP

Mendapatkan nilai tertinggi di pelajaran matematika dan Bahasa Inggris.

Liputan6.com, Chieti Akibat menghabiskan waktu terlalu banyak bekerja untuk menghidupi keluarga, Nicola Torello tidak bisa menyelesaikan sekolah menengah pertamanya. Namun, kakek 91 tahun itu bertekad, ia harus lulus pendidikan dasarnya.

Didukung empat anak dan enam cucunya, Nicola berhasil menyelesaikan ujian terakhirnya dengan sangat memuaskan. Kakek yang berasal dari kota Chieti, Italia itu mendapat nilai tinggi atas esainya tentang puisi Italia dan penulis novel Alessandro Manzoni. Tak disangka, ia juga mendapat nilai tinggi untuk matematika dan bahasa Inggris.

Ujian percakapan Bahasa Inggris adalah momok bagi murid di negeri pasta itu. Namun, tidak bagi Nicola. Ia bahkan kecewa saat waktunya ujiannya habis.

"Padahal aku akan berbicara dalam bahasa Inggris tentang kematian istriku," kata Nicola seperti dikutip dari The Local 11 Agustus 2015. "Tapi mereka tidak membolehkannya. Waktuku sudah habis."

Para pengujinya juga terkesima dengan kemampuan menulis esai tentang peran dan pengalamanya sebagai prajurit Perang Dunia II. Ia terlibat pertempuran di Yunani dan pembebasan Eropa dari Nazi.

Perjalanannya menyelesaikan pendidikan pertamanya tidaklah mudah. Ia juga harus menghadiri kelas yang dimulai pukul 17.00 tiap harinya.

Nicola tidak hanya puas mendapatkan ijazah SMP saja, ia berencana menyelesaikan SMA secepatnya.

"Aku ingin cari sekolah SMA yang menawarkan kemanusiaan," kata Nicola. "Susah mencari SMA kejuruan tentang sejarah di kotaku ini. "Jadi, pilihanku mungkin sekolah kejuruan teknik saja." tuturnya.

"Lalu aku akan belajar komputer," katanya dengan semangat. Ia juga bercerita, selama menulis esai, anak perempuannya yang membantu mengetik di komputer dan riset di internet.

Ia akui teknologi sangat menantangnya oleh karena itu Nicola harus mempersiapkan kesehatannya agar tubuhnya bugar selalu dengan berenang dua kali seminggu.

"Di umur sepertiku, penting untuk tetap sibuk," katanya, lalu menutup pembicaraan. (Rie/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini