Sukses

Menteri yang Dicopot Jokowi Tak Hadiri Pelantikan di Istana

Pelantikan digelar di Istana Negara.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo ‎melakukan reshuffle atau perombakan kabinet. Dia lalu melantik 5 orang untuk duduk sebagai menteri dan 1 sekretaris kabinet. Pelantikan digelar di Istana Negara.

Mereka yang dilantik yaitu Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menko Polhukam, Thomas Lembong sebagai Menteri Perdagangan, Rizal Ramli sebagai Menko Maritim, Darmin Nasution sebagai Menteri Perekonomian, Sofyan Djalil sebagai Menteri PPN/ Kepala Bappenas‎, dan Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan berita acara pelantikan yang disampaikan oleh Protokoler Istana Kepresidenan. Pelantikan 5 menteri dilakukan berdasarkan ‎surat Keputusan Presiden RI‎ nomor 79/P 2015 tentang penggantian beberapa menteri negara periode 2015-2019. ‎

‎Sementara untuk pembacaan surat keputusan pengangkatan Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet dibacakan secara terpisah.

Sebelum sumpah jabatan dibacakan, dalam berita acara juga disampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada menteri sebelumnya yaitu, Rachmat Gobel yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perdagangan, Andrinov Chaniago yang menjabat sebagai Menteri PPN/Kepala Bappenas, Tedjo Edhy Purdjiatno sebagai Menko Polhukam, Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo, dan Andi Widjajanto sebagai Sekretaris Kabinet.

"Memberhentikan dengan hormat dan kepadanya ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian dan jasanya selama menjabat jabatan tersebut," ucap petugas yang membacakan berita acara tersebut.

Namun, 5 nama yang disebut itu tidak hadir dalam acara pelantikan tersebut.

Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri menghadiri pelantikan menteri oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta. (Liputan6.com/Ilyas Istianur Praditya)

Pejabat sebelumnya yang tampak hanya Sofyan Djalil yang diberhentikan sebagai Menko Perekonomian namun dilantik kembali menjadi Menteri PPN/Kepala Bappenas menggantikan Andrinov.

Setelah pembacaan berita acara, selanjutnya, Presiden mengambil sumpah jabatan kepada enam orang yang dilantik tersebut dengan agama Islam, Kristen Protestan, dan Kristen Katolik.

Upacara pelantikan dimulai hari ini pada pukul 13.30 WIB. Turut hadir dalam acara ini adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla, para menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK, Jaksa Agung HM Prasetyo, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan para kepala lembaga negara serta perwakilan dari pimpinan DPR, DPD, dan MPR.

Selain itu tampak pula beberapa Ketua umum Partai Politik yang tergabung dalam Barisan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) mereka di antaranya Megawati Soekarnoputri, Romahurmuziy, Surya Paloh, dan Wiranto. ‎

Setelah proses pelantikan usai, Presiden Jokowi, Wapres JK, dan para pejabat lainnya serta tamu yang hadir secara bergantian memberikan ucapan selamat kepada enam pejabat yang dilantik itu. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Perombakan kabinet adalah suatu peristiwa di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti komposisi menteri dalam kabinetnya.

    Reshuffle