Sukses

Alasan Jokowi Reshuffle Menteri Bidang Ekonomi

Luhut mengatakan, Jokowi menginginkan para menteri bidang ekonomi mempunyai kekompakan dan komunikasi yang berjalan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle kabinet dengan mengganti beberapa menteri. Di antara menteri yang akan direshuffle, kebanyakan merupakan menteri di bidang perekonomian. 

‎Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, salah satu alasan Jokowi mengganti beberapa menteri di bidang perekonomian adalah memperkuat tim ekonomi agar tidak terpengaruh ekonomi global yang saat ini juga sedang terpuruk.

"‎Kalau itu sih sudah lama diwacanakan publik, kalau beliau belum pernah mewacanakan. Tapi sekarang mungkin beliau melihat kondisi ekonomi global jadi perlu memperkuat team work," kata Luhut di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, (12/8/2015). ‎

Luhut mengatakan, Jokowi menginginkan para menteri bidang ekonomi mempunyai kekompakan dan komunikasi yang berjalan baik.

"Satu, beliau ingin bangun team work untuk keadaan global seperti sekarang lebih bagus, lebih solid karena global babak belur sebelumnya. Kita harus amati dengan cermat," ujar dia.

Ada 5 menteri dikabarkan akan dicopot, dan 1 menteri lainnya digeser. 3 dari 6 menteri itu merupakan menteri koordinator, yakni Menko Perekomian Sofyan Djalil, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdjiatno, dan ‎Menko Maritim Indroyono Soesilo. Kemudian ada Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinov Chaniago, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Perombakan kabinet adalah suatu peristiwa di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti komposisi menteri dalam kabinetnya.

    Reshuffle

Video Terkini