Sukses

Reshuffle Kabinet: 5 Menteri Dicopot, 1 Geser?

Presiden Jokowi akan mengumumkan reshuffle kabinet kerja pada Rabu (12/8/2015) siang ini. Siapa saja yang dicopot?

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi dipastikan akan melakukan reshuffle kabinet kerja dan mengumumkannya pada Rabu (12/8/2015) siang ini. Menurut Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi, ada lima menteri yang akan dicopot, sementara satu orang menteri digeser.

"Betul siang akan diumumkan tapi saya tidak tahu jam dan tempatnya karena sering berubah-ubah," kata Sofjan saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (12/8/2015).

Sofjan menyebutkan enam menteri yang akan reshuffle yang tiga menteri koordinator, kemudian Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinov Chaniago, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

"Dari tiga Menko, hanya Sofyan Djalil yang digeser ke posisi lain. Selebihnya semua diganti," katanya.

Sekadar informasi, Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla tadi malam memang sempat melakukan pertemuan di Istana Kepresidenan dengan para menteri. Jajaran menteri yang dipanggil, yakni Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menko Maritim Indroyono Soesilo. Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinov Chaniago, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Menurut Sofjan, posisi Sofyan Djalil akan digantikan mantan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution. Sedangkan Sofyan Djalil akan digeser ke Bappenas menggantikan Andrinof.

Saat dikonfirmasi alasan di balik reshuffle, Sofjan ogah berkomentar. "Saya tidak mau komentar karena itu wewenang Presiden," kata dia. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini