Sukses

Turki Lancarkan Serangan Udara ke Posisi Kurdi

Serangan ini dilakukan menyusul tewasnya 9 orang dalam gelombang serangan terhadap pasukan keamanan Turki.

Liputan6.com, Istanbul - Turki melancarkan serangkaian serangan udara terhadap kelompok militan Kurdi dengan menargetkan 17 sasaran di kawasan tenggara. Menurut sumber militer, target itu ada di Provinsi Hakkari yang berbatasan dengan Iran dan Irak.

Seperti dilansir BBC, Serangan udara Selasa 11 Agustus itu ditafsirkan sebagai pembalasan dari serangan pada Senin 10 Agustus 2015. Beberapa dari serangan hari Senin itu lalu ditimpakan kepada Partai Buruh Kurdi (PKK).

Beberapa pekan ini, kekerasan meningkat di Turki antara militer dengan kelompok Kurdi. Serangan ini dilakukan menyusul tewasnya 9 orang dalam gelombang serangan terhadap pasukan keamanan Turki. Beberapa korban ada di daerah tenggara.

Setidaknya 50 orang telah tewas dalam gelombang konflik bersenjata baru ini.

Selasa pagi, serangan terjadi lagi. Militer Turki menyatakan kaum militan Kurdi telah menyerang markas militer di Sirnak di tenggara. Seorang tewas karena serangan itu.

Pada malamnya, terjadi baku tembak antara militer Turki dengan kelompok militan di 3 kota berbeda.

Gencatan senjata dalam konflik berkepanjangan antara pihak yang bertikai ini menjadi berantakan bulan Juli lalu ketika Turki mulai mengebom markas PKK di Irak utara, berbarengan dengan serangan udara terhadap kelompok ISIS di Suriah. (Ado/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.