Sukses

'Lenong' Jokowi Bersama Anak-Anak Nusantara

Acara puncak Hari Anak Nasional ini hanya diisi penyerahan kacamata, penganugerahan kota layak anak, dan sekolah ramah anak.

Liputan6.com, Bogor - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menghadiri puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2015, di Istana Kepresidenan Bogor. Dalam acara ini, Jokowi tidak menyampaikan pidato resmi atau arahan kepada jajaran menteri Kabinet Kerja.

Acara puncak ini hanya diisi penyerahan kacamata, penganugerahan kota layak anak, dan sekolah ramah anak. Ada juga kuis berhadiah sepeda yang diberikan langsung Jokowi kepada anak-anak yang berhasil menjawab pertanyaannya.

Acara yang dihadiri sekitar 300 anak perwakilan dari berbagai daerah itu, Jokowi juga sempat bergurau dengan sejumlah anak-anak.

"Coba kamu siapa namanya?" tanya Jokowi. "Puji Pak," jawab sang anak, yang diminta Presiden naik ke atas panggung.

"Puji kamu dari mana?" tanya Jokowi. "Dari Kepulauan Riau, Pak," jawab Puji.

"Coba sebutkan 15 nama hewan," pinta Jokowi, yang langsung dijawab Puji dengan menyebut 15 nama hewan, termasuk kucing.

"Kamu punya kucing?" sambung Jokowi.
"Tidak, beliin Pak," jawab Puji, yang disambut tawa dari para tamu undangan.

"Saya punya banyak di rumah. Nanti saya kasih 1 ya," kata Jokowi seraya menyebut Puji sebagai cowok yang cerewet. Namun kata-kata itu pun kembali dijawab Puji.

"Anak Indonesia harus aktif Pak," ucap Puji, yang kembali membuat tawa para hadirin.

"Bagus. Sudah ambil sana sepedanya. Dinaiki ya sampai Riau," pungkas Jokowi sambil tersenyum.

Jokowi kembali memanggil anak-anak ke panggung dan bercerita mengenai suasana Istana Bogor, yang ditumbuhi berbagai tanaman dan pepohonan berukuran besar. Ia pun meminta para anak menyebutkan beberapa jenis pohon.

"Di Istana Bogor ditumbuhi ribuan pohon besar. Anak-anak Indonesia harus cinta lingkungan. Sekarang sebutkan 15 nama pohon," pinta Jokowi.

Setelah pertanyaan itu berhasil dijawab, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian memanggil beberapa anak yang mengisi tarian Saman dalam puncak acara Hari Anak Nasional itu.

"Coba siapa yang menari Saman tadi?" tanya Jokowi.

Seorang gadis kecil naik ke panggung. Dia langsung memenuhi permintaan Jokowi, melakukan tarian khas Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam itu. Siswi itu pun mendapat pujian dari Presiden.

"Bagus banget. Kamu dari mana?" tanya Jokowi.
"Dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Pak," jawab bocah itu.

"Bagus, ya begitu. Inilah Indonesia, anak Yogya bisa tari Saman, anak Aceh juga harus bisa menari tarian daerah lain," puji Jokowi dan langsung menghadiahi gadis kecil itu sepeda.

Tampak hadir dalam acara peringatan Hari Anak Nasional ini sejumlah menteri Kabinet Kerja, antara lain Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.

Hadir pula Menkominfo Rudyantara, Menteri ESDM Sudirman Said, Menkumham Yasona Laoly, Jaksa Agung M Prasetyo, dan Mendikbud Anies Baswedan. Hadir pula istri Wapres Mufidah Jusuf Kalla. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini