Sukses

Menlu Vatikan: RI Jadi Contoh Perdamaian Antaragama

Setelah penyambutan, Menlu Parolin dan Menlu Retno menggelar pertemuan tertutup.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kedatangan tamu penting. Kali ini Menlu Vatikan Kardinal Pietro Parolin menyambangi Tanah Air demi memperkuat hubungan dua negara.

Paroline tiba pukul 12.00 WIB di Gedung Pancasila kompleks kantor Kemlu, Jakarta. Ia beserta rombongan diterima langsung Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Dian Triansjah Djani.

Setelah penyambutan, Menlu Parolin dan Menlu Retno menggelar pertemuan tertutup. Pertemuan tersebut berlangsung kurang lebih 1 jam.

Usai bertemu Parolin, Menlu Retno menyambut baik lawatan yang dilakukan koleganya itu. Sebab, beberapa hal penting terkait penguatan bilateral RI-Vatikan dan isu lain dibahas dalam pertemuan tersebut. Termasuk di antaranya kekaguman Vatikan atas pluralisme di Indonesia.

"Tadi beliau (Menlu Parolin) mengatakan respect dan kekagumannya terhadap pluralisme di Indonesia dan bagaimana Indonesia dengan ukuran yang sangat besar dan juga penduduk yang sangat banyak mampu untuk mempertahankan pluralismenya," sebut Retno di Gedung Pancasila Kemlu, Jakarta, Selasa (11/8/2015).

Senada dengan Menlu Retno, Parolin mengatakan dirinya sangat senang bisa berada di Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk beraneka ragam. Meski begitu, masyarakatnya bisa hidup rukun satu sama lain.

"Indonesia merupakan contoh baik dari adanya perdamaian kaloborasi antaragama, poin yang ingin saya tekankan adalah bagaimana cara (Indonesia) menghargai orang lain sama seperti moto negara ini, Bhinneka Tunggal Ika," tandas Parolin. (Ali/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.