Sukses

Sindir Anggota Parlemen, Pria di Australia Galang Dana Liburan

Callaghan sudah mengumpulkan AUS$ 510 (sekitar Rp 5 juta), tapi belum ada donasi apa pun dari anggota parlemen di laman yang ia buka itu.

Liputan6.com, Canberra - Seorang ayah di Australia membuat sebuah laman online pengumpulan dana (crowdfunding) untuk meminta anggota parlemen negara itu mendonasikan uang untuk perjalanan wisata dirinya dan keluarga.

Stephen Callaghan menyatakan bahwa ongkos yang dibutuhkannya tak akan sebanyak pengeluaran anggota parlemen dari Partai Buruh, Tony Burke yang memberangkatkan keluarganya dengan menggunakan anggaran negara.

Seperti dilansir BBC, Selasa (11/8/2015), Callaghan adalah salah satu dari banyak warga Australia yang menggunakan media sosial untuk meledek biaya perjalanan anggota parlemen.

Beberapa politikus senior dikritik karena menggunakan uang dari pajak rakyat untuk perjalanan mewah seperti pemakaian helikopter atau liburan keluarga.

Mantan Ketua Majelis Rendah Bronwyn Bishop pekan lalu mengundurkan diri karena kemarahan publik atas pengeluarannya.

Dengan dalih hak sebagai anggota parlemen, Tony Burke mengeluarkan AUS$ 12.000 (sekitar Rp 119 juta) untuk perjalanan ke daerah wisata di Northern Territory di mana ia punya program lingkungan yang dikerjakannya.

Burke juga mengklaim 4 tiket kelas bisnis untuk perjalanan keluarga yang dikeluarkan untuk perjalanan yang sama.

Callaghan yang tinggal di daerah pantai di New South Wales dengan 3 orang anaknya mengatakan kepada BBC bahwa ia harus menjual mobil untuk mendanai liburan keluarga.

Ia berkata, tak terpikir olehnya anggota parlemen bisa mengklaim biaya perjalanan keluarga --terkadang dengan penerbangan kelas bisnis-- sebagai bagian dari tunjangan sebagai anggota parlemen.

Hingga kini, Stephen Callaghan sudah mengumpulkan AUS$ 510 (sekitar Rp 5 juta), tapi belum ada donasi apa pun dari anggota parlemen di laman yang ia buka itu. (Ado/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini