Sukses

Ketua Mahkamah Konstitusi Sodorkan 3 Calon Sekjen MK pada Jokowi

Ketua MK Arief Hidayat menyerahkan sepenuhnya keputusan memilih 1 dari 3 nama itu kepada Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Selain menyampaikan undangan untuk Presiden Jokowi menghadiri simposium internasional, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat juga mengatakan kedatangannya untuk melaporkan perkembangan rencana penggantian Sekjen MK yang saat ini dijabat Janedjri M Gaffar.

Terkait itu, Arief mengaku telah menyerahkan 3 nama calon sekretaris jenderal (sekjen) baru lembaga itu kepada Jokowi.

"Saya melaporkan sekjen kita sudah 12 tahun, sehingga perlu ditunjuk penggantinya," ucap Ketua MK Arief Hidayat usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin, (10/8/2015).

Ia menyebutkan MK sudah menggelar seleksi secara terbuka dan sudah ada 3 kandidat Sekjen MK yang baru. Proses selanjutnya, presiden akan memilih 1 dari 3 nama tersebut untuk menjabat sekjen.

"Terserah kepada Pak Presiden nanti siapa yang akan ditunjuk untuk menggantikan sekjen (MK) sekarang ini," imbuh Arief.

Ketika ditanya nama 3 calon itu, Arief enggan menyebutkannya Yang jelas, ia menyerahkan sepenuhnya keputusan memilih 1 dari 3 nama itu kepada Jokowi.

"Ada 3 orang, semua kebetulan yang lolos adalah pejabat eselon II di MK. Jadi silakan Presiden untuk menentukan siapa yang menjadi sekjen untuk menggantikan Sekjen Pak Janedjri M Gaffar yang hebat itu," tukas Arief.

Mengenai sosok Janendri yang telah menjadi Sekjen MK selama 12 tahun, Arief menilai pria yang sempat diperiksa karena kasus korupsi yang melibatkan mantan Ketua MK Akil Mochtar itu merupakan seorang yang mempunyai integritas.

"Ia mampu membangun bersama Pak Jimly (Asshiddiqie), Pak Mahfud MD menjadikan MK sebagai lembaga prestisius, yang tidak hanya diakui tingkat nasional, tapi mendapat penghargaan internasional," pungkas Arief Hidayat. (Ans/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini