Sukses

HUT Ke-48 ASEAN, JK Singgung Konflik Laut Cina Selatan

Organisasi negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN telah menjadi asosiasi yang bertahan hingga puluhan tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN telah menjadi asosiasi yang bertahan hingga puluhan tahun. ASEAN juga dinilai sebagai asosiasi yang paling rukun dan stabil. Seperti disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK saat menghadiri peringatan HUT ke-48 ASEAN.

"ASEAN telah bertransformasi dari yang dulunya labil dan terpecah-belah, kini menjadi wilayah yang rukun dan stabil. Ini merupakan pencapaian luar biasa dibandingkan dengan kawasan lain di belahan dunia ini," kata JK di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (10/8/2015).

‎JK mengatakan, ASEAN telah menjadi salah satu organisasi yang berpengaruh di dunia karena berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi para anggotanya.

Dia juga menyinggung soal konflik Laut Cina Selatan. Menurut JK, bila konflik tak ditangani dengan baik, akan menjadi ancaman keamanan regional maritim.

"Konflik Cina Selatan selalu diatur dan diselesaikan dengan cara yang damai melalui dialog dan saling kerja sama," ucap dia.

JK juga mengajak negara-negara anggota ASEAN‎ untuk membina hubungan baik dengan negara-negara adidaya. Namun jangan sampai hubungan baik itu menjadikan ASEAN didikte oleh negara tersebut.

"Perlu dilakukan karena ASEAN cenderung lemah dengan sumber daya dan kapasitas yang terbatas," ujar JK.

‎ASEAN dibentuk pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, melalui penandatanganan deklarasi oleh para tokoh pendiri, termasuk Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Brunei Darussalam lalu menyusul bergabung pada 7 Januari 1984, atau 17 tahun setelahnya.

Kemudian pada 23 Juli 1997, turut bergabung Laos dan Myanmar. Selanjutnya pada 1999, Kamboja bergabung menjadi negara ke-10 anggota ASEAN.

Dalam perayaan ke-48 ASEAN ini turut hadir pula Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdjiatno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, Wakil Menlu AM Fachir, serta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations.

    ASEAN

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • JK