Sukses

Setelah Taiwan, Topan Soudelor Tewaskan 12 Orang di China

Paling tidak 12 orang tewas di China tenggara karena topan kuat Soudelor yang menyebabkan banjir dan longsor.

Liputan6.com, Fujian - Paling tidak 12 orang tewas di China tenggara karena topan kuat Soudelor yang menyebabkan banjir dan longsor. Sementara ribuan orang diungsikan dan jutaan rumah tidak memiliki pasokan listrik.

Seperti dilansir BBC, Minggu 9 Agustus 2015, sebuah daerah pantai juga mengalami curah hujan lebih 50 cm dalam 24 jam, angka itu yang tertinggi dalam seabad terakhir.

Topan Soudelor menimpa Provinsi Fujian dan Zhejiang sejak Sabtu 8 Agustus lalu. Provinsi Fujian meningkatkan tingkat kewaspadaan topan ke peringkat tertinggi untuk menghadapi badai.

Paling tidak 163 ribu orang diungsikan ke tempat yang lebih tinggi. Muncul pula sejumlah laporan terjadinya pengungsian lainnya di provinsi Zhejiang.

Sebelumnya, topan ini melanda Taiwan dan menewaskan 6 orang dan beberapa orang lainnya dinyatakan hilang. Setengah juta orang masih mengalami mati listrik di pulau tersebut pada hari Minggu kemarin.

Topan Soudelor sudah melemah menjadi badai tropis saat menuju daratan China. (Ado/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.