Sukses

Taliban Akui Dalangi Satu Lagi Pemboman di Afghanistan

Taliban mengatakan mereka mendalangi pemboman hari Sabtu di Distrik Khanabad di Provinsi Kunduz Utara.

Liputan6.com, Washinhgton - Taliban telah mengaku bertanggung jawab atas satu lagi aksi pemboman bunuh diri dengan kendaraan di Afghanistan, satu hari setelah serangkaian serangan bom menewaskan lebih dari 50 orang di dan dekat Kabul.

Dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke VOA, Minggu (9/8/2015), Taliban mengatakan mereka mendalangi pemboman hari Sabtu di Distrik Khanabad di Provinsi Kunduz Utara.

Taliban mengaku bertanggung jawab mengirim 3 pembom bunuh diri di hari Jumat untuk menyerang Kamp Integrity, sebuah pangkalan pasukan khusus Amerika yang terletak dekat bandar udara utama di Kabul. 8 Warga sipil yang menjadi pekerja kontrakan militer dan seorang tentara AS tewas.

Sementara para pejabat Afghanistan mengatakan, korban tewas akibat ledakkan itu meningkat menjadi 29 orang. Kebanyakan yang tewas adalah anggota milisi pro-pemerintah.

Ibukota Afghanistan sendiri dalam situasi menegangkan setelah terjadinya serangkaian aksi terorisme terburuk tahun ini sejak Taliban mengukuhkan kematian pendirinya, Mullah Mohammad Omar.

Sebelumnya, pada Jumat yang sama seorang militan Taliban pelaku pembom bunuh diri, yang mengenakan seragam polisi, meledakkan dirinya di tengah kerumunan siswa Akademi Kepolisian Afghanistan di Kabul. Sedikitnya 27 orang tewas dan lebih dari 25 lainnya terluka.

Meski demikian, belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas pemboman bunuh diri dengan menggunakan truk di sebuah kawasan permukiman di Kabul yang menewaskan sedikitnya 15 orang dan melukai 240 lainnya, umumnya warga sipil. (Ado/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.