Sukses

Dihantam Ombak, Kapal Baksos Tenggelam di Sarmi Papua

Di tengah perjalanan, kapal yang mereka tumpangi dihantam ombak dan terbalik.

Liputan6.com, Jayapura Kapal motor Tirta Mandala dikabarkan tenggelam di Pulau Tiga yang terletak sebelah Utara laut Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua. Kapal itu diduga tenggelam pada Jumat 7 Agustus 2015 sekitar pukul 10.00 WIT.

8 Orang yang menjadi penumpang pada kapal itu selamat dalam kecelakaan. Namun hingga kini mereka belum dapat dievakuasi. Kepala SAR Jayapura, Ludianto menuturkan, para penumpang kapal merupakan tim dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Papua.

Rencananya mereka akan berlayar dengan tujuan ke Pulau Dua untuk memberikan bakti sosial (baksos) kepada warga di pulau tersebut. Namun di tengah perjalanan, kapal yang mereka tumpangi dihantam ombak dan terbalik.

"Proses evakuasi belum dapat dilakukan hari ini, mengingat ombak di perairan itu masih setinggi 3 meter. Namun Tim Rescue Basarnas Pos SAR Sarmi dan dibantu oleh tim dari POSSI Provinsi Papua dan nelayan setempat terus membantu 8 orang yang saat ini sudah berada di Pulau Dua, Sarmi," kata Ludianto di Jayapura, Sabtu (8/8/2015).

Dia mengatakan, penumpang saat ini kondisinya masih trauma. Meskipun begitu kondisi fisik mereka terpantau berada dalam keadaan baik. 

"Kami masih memulihkan trauma penumpang kapal. Diharapkan Minggu besok, evakuasi dapat dilakukan menuju Sarmi, untuk selanjutnya ke Jayapura lewat jalan darat," tandas Ludianto.

Kedelapan penumpang kapal itu, yakni Alamsyah, Hendrik, David, Yudha, Frengky, Udin, Syaiful dan Allen. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini