Sukses

Berkas Kasus Hakim Sarpin dengan Tersangka Ketua KY Dilimpahkan

Hakim Sarpin Rizaldi melaporkan Ketua KY Suparman Marzuki dan Komisioner KY Taufiqurrohman Syahuri ke Bareskrim Polri pada 30 Maret 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri hari ini berencana melimpahkan berkas perkara kasus dugaan pencemaran nama baik Hakim Sarpin Rizaldi dengan tersangka ketua Komisi Yudisial (KY) Suparman Marzuki ke Kejaksaan Agung (Kejagung).

"Jika tak ada halangan, besok (hari ini) akan diserahkan ke Kejaksaan Agung," kata Kasubdit 3 Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Kombes Pol Umar Surya Fana di Jakarta pada Kamis malam, 6 Agutus 2015.

Dia mengatakan, penyidik sudah selesai mengumpulkan kesaksian, termasuk keterangan ahli. Namun, dia yakin ada berkas yang nantinya harus dilengkapi oleh jajarannya.

Sebab, menurut Umar, dalam pelimpahan berkas yang pertama biasanya belum akan langsung dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan.

"Karena itu keterangan ahli haknya tersangka. Nanti diperiksa pada saat muncul P19. Nanti ada petunjuk," pungkas Umar.

Hakim Sarpin Rizaldi sebelumnya melaporkan Ketua Komisi Yudisial Suparman Marzuki dan Komisioner KY Taufiqurrohman Syahuri ke Bareskrim Polri pada 30 Maret 2015. Ia menganggap kedua terlapor telah mencemarkan nama baiknya soal putusan praperadilan yang diajukan Komisaris Jenderal Budi Gunawan.

Sarpin melalui pengacaranya sempat melayangkan somasi terbuka agar pihak-pihak yang berkomentar negatif itu meminta maaf secara terbuka. Apabila tidak meminta maaf, maka ia mengancam akan mempolisikan orang-orang tersebut. (Ndy/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini