Sukses

Mbah Rono Pensiun, Menteri ESDM Jadikan Staf Ahli

Surono atau Mbah Rono pun mengaku siap jika tenaganya dibutuhkan untuk melayani masyarakat, khususnya di bidang vulkanologi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Surono atau lebih dikenal dengan Mbah Rono telah purna menjabat sebagai Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) per 1 Agustus 2015. Memasuki masa pensiun ini, Mbah Rono mengaku belum tahu siapa pengganti dirinya di Badan Geologi.

Namun yang jelas saat ini ia tengah mendapat undangan di sejumlah universitas di Indonesia sebagai pembicara. Hal ini sangat disyukurinya, mengingat ia masih dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, Mbah Rono mengaku menikmati masa pensiun bersama dua cucunya.

"Belum ada (pengganti), sudah merdeka saya. Embuh aku. Pernah saya jadi staf ahli. Kegiatannya ya minggu besok saya memberi ceramah orangtua mahasiswa baru ITB, tanggal 16 (Agustus 2015) undangan ke UNY, tanggal 14 (Agustus 2015) diundang juga, masih adalah. Saya ingin melayanilah," ucap Surono di Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Kamis (6/8/2015).

Pria yang sudah menjabat sebagai PNS di Vulkanologi sejak tahun 1982 ini mengaku siap jika tenaganya dibutuhkan untuk melayani masyarakat, khususnya di bidang vulkanologi.

Ia akan melakukan tugas yang diberikan kepadanya selama dirinya mampu untuk melaksanakan tugas itu. Walaupun sudah pensiun, Mbah Rono mengaku sering diajak rapat di kementeriannya.

"Saya seorang prajurit, jawaban saya hanya siap. Sependek dan sedangkal ilmu saya, pangkat apa pun, ya tetap pelayan. Bukan melecehkan jabatan, jadi jabatan itu saya masukkan di sini (menunjuk tangan) saya gerakkan dengan ini (menunjuk kepala) dan saya kontrol dengan ini (menunjuk dada). Selama melayani masyarakat saya mau. saya hanya bisa itu. Di luar itu saya tidak mau," ujar Mbah Rono.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, Mbah Rono akan menjadi tenaga ahli di kementeriannya. Ia pun sudah meminta secara langsung kepada Mbah Rono untuk membantunya di bidang geologi.

Menurut Sudirman, Mbah Rono tidak akan keberatan untuk menjadi tenaga ahli di Kementerian ESDM. Sebab, ia merupakan sosok yang mengabdi kepada masyarakat.

"Beliau (Surono) akan jadi tenaga ahli yang fokusnya pada vulkanologi kegunungapian ya. Saya sudah sampaikan kepada Pak Sekjen (Kementerian ESDM) dan Mbah Rono juga, beliau akan tetap bersama kita. Tidak lagi dalam struktural karena pensiun, tapi sebagai tenaga ahli yang akan membantu saya dalam urusan kegunungapian," pungkas Menteri ESDM. (Ans/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini