Sukses

Persiapan Debat Capres Republik: Baca Buku hingga Makan Enak

Ada yang santai, ada yang pergi ke pusat kebugaran, ada pula yang tegang.

Liputan6.com, Cleaveland - Fox telah memilih 10 kandidat Republikan untuk debat pertama yang akan disiarkan langsung oleh jaringan televisi ini. Mereka dipilih berdasarkan 10 besar polling nasional. Seperti apa persiapan 10 orang ini menghadapi debat pertama mereka? ABC merangkum kegiatan mereka.

Saat kebanyakan kandidat menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk persiapan debat, tidak dengan miliuner satu ini. "Trump tidak latihan debat apa pun," kata penasihat senior Donald Trump kepada ABC.

Tim Donald Trump hanya menyediakan catatan berisi isu-isu yang dia hadapi dan kalimat-kalimat yang berpotensi untuk menyerang. Mereka sama sekali tidak melakukan latihan debat formal. Donald Trump kepada ABC mengatakan bahwa jangan mengharapkan komentar yang kontroversial darinya, seperti waktu kampanye.

"Saya akan memilih untuk berdiskusi daripada menyerang secara pribadi," kata kandidat dengan suara terbanyak ini. "Kalau saya sampai diserang, well, saya akan serang balik, tapi janji, akan lebih manusiawi."

Donald Trump juga mengatakan bahwa tak perlu berharap mendapatkan kejutan dari dia saat berdebat. "Saya tidak punya pengalaman berdebat, dan saya juga bukan pendebat. Saya adalah saya."

Bagaimana dengan Jeb Bush? Adik dari mantan presiden AS ke-43 ini mendeskripsikan dirinya adalah pemerhati kebijakan yang serius. John Elis Bush juga berjanji ia tidak akan melenceng dari isu selama debat.

Salah seorang penasihat Jeb mengatakan bahwa kandidat peringkat kedua ini "mengerjakan PR-nya seperti membaca banyak buku dan banyak menonton video."

"Jeb ingin debatnya solid dan bagus," kata penasihat itu. Jeb mempersenjatai dirinya sebelum debat dengan pergi ke misa dan ke pusat kebugaran bersama sang istri, Columba Bush.

Berbeda dengan Scott Walker yang memilih untuk bersantai menghadapi debat pertama mereka. Kepada wartawan Fox, Megan Kelly, ia akan berada di Wisconsin bersama istri dan dua anak lelakinya sampai Kamis pagi.

Di sana mereka akan pergi ke Wisconsin State Fair sebelum berangkat ke Cleaveland. Meski terkesan santai, Walker dan para kandidat lainnya bersiap menghadapi Donald Trump.

Menurut The New York Times, Walker melatih dirinya mempersiapkan strategi apabila ia harus berdebat dengan Trump.  Ia melatih dirinya dengan membuat tanya-jawab seakan-akan ia berhadapan langsung dengan "tukang cela" itu, terlebih isu tentang aborsi dan imigran ilegal.

John Kasich, Gubernur Ohio, tampaknya paling tertutup menghadapi media tentang persiapannya. Namun, John Weaver, penasehat seniornya mem-posting kicauan kontroversial di akun Twitter pribadinya. "Bayangkan persiapan mental pebalap mobil yang bersiap di laga, dan ia tahu pesaingnya dalam keadaan mabuk. Itulah gambaran debat kelak."

Kasich segera menyangkal kicauan itu. "Bukan itu persiapan kami," katanya kepada Fox. Ia pun berjanji bahwa tidak akan ada lagi tweet seperti itu. 

Pizza dan Chilli

Berbeda dengan Ben Carson, dokter bedah syaraf ini dimanja oleh sang istri dengan makanan favorit. Mulai dari pizza dan chilli untuk menghadapi debat pertamanya.

Bagaimana dengan lulusan Universitas Harvard yang namanya dipakai sebagai kejuaraan debat di universitas Princeton, Ted Cruz?

Menurut ABC, meskipun ia adalah juara debat di sekolah seantro Ivy League, ia tetap mempersiapkan debat perdana ini dengan matang.  Cruz terbang ke Cleaveland sehari sebelumnya bersama istri dan anaknya, serta dua orang staf terpercayanya. Cruz mempersiapkan segalanya kecuali menonton The Apprentice, katanya kepada ABC.

Rand Paul tak kalah seriusnya dengan Cruz. Ia bahkan mem-posting video persiapan debatnya di Twitter. Segala topik seperti bantuan asing, pajak, dan pola asuh telah ia persiapkan. Dokter lulusan Universitas Duke ini juga berlatih dengan Stephen More, salah satu figur partai Republikan yang juga melatih Donald Trump.

"Selama debat, saya hanya meyakinkan bahwa saya tahu apa yang saya ingin komunikasikan," kata kandidat peringkat 9, Chris Christie. Gubernur New Jersey ini percaya diri bahwa ia bisa menghadapi debat kali ini.

"Debat itu biasa di level gubernur. Bahkan kami lebih kasar dalam berdebat," katanya penuh percaya diri. "Tapi dengan 10 orang di panggung, tampaknya debat akan berlangsung baik-baik saja,"

Gubernur Iowa, Marco Rubio, tidak punya persiapan khusus melainkan untuk tetap tenang dan tetap positif. "Ia bakal santai hadapi keriuhan, tapi ia akan memukul balik kalau ada yang menyerangnya," kata Alex Conant, penasihat pribadi Marc. (Rie/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini