Sukses

Niat ke China, Perempuan Ini Terobos Bandara dan Curi Jet

Otoritas setempat menyelidiki pelanggaran federal atau ia sekedar berhalusinasi akibat kesehatan jiwanya.

Liputan6.com, St. Louis Perempuan AS berusia 38 tahun menyelinap ke sebuah bandara kecil Cahokia di St. Louis, Amerika Serikat. Ia berhasil melewati pagar keamanan dengan mobilnya dan naik ke pesawat pribadi  milik Hong Kong Bank yang sedang parkir di landasan.

Perempuan yang identitasnya belum diungkap ini mengatakan kepada polisi dan FBI ia akan terbang ke China. Kejadian berlangsung pukul 05.00 pagi waktu setempat. Salah seorang karyawan pesawat pribadi itu melihat perempuan itu sedang mencoba menyalakan mesin jet. 

Kepala Polisi St. Louis Patrick Delane mengatakan perempuan itu tidak bisa menghidupkan mesin karena baterei sedang dalam perbaikan.  Kalau ia berhasil, Delaney memperkirakan perempuan 38 tahun ini bisa mengoperasikan burung besi itu.

"Dari investigasi kami, saya percaya ia bisa mengoperasikan mesin pesawat itu," kata Delaney."Ia banyak membaca majalah penerbangan," tambah kepala polisi itu kepada ksdk.com

Perempuan itu tidak punya catatan kriminal. Tapi polisi curiga bahwa ia punya masalah kejiwaan. Psikologi dari otoritas setempat menemukan catatan sejarah kesehatannya. Ternyata, ia mempunyai penyakit bipolar dan skizofrenia dan berhenti mengonsumsi obat-obatan dalam seminggu terakhir.

Namun, FBI dan keamanan dalam negeri AS akan memeriksa apakah ada pelanggaran federal yang ia telah lakukan, mengingat ia 'berhasil' memasuki bandara udara yang punya standar keamanan yang relatif tinggi.

"Untuk beberapa alasan, kami masih investigasi bagaimana ia bisa masuk  ke sini. Akses apa yang dia miliki." kata Delaney.

"Dia berhasil melewati dua pintu yang mengharuskan seseorang punya ID dan jalan di landasan." ujar kepala polisi St Louis yang juga menambahkan bahwa nama perempuan itu belum akan diungkap ke publik sampai kasus disidangkan.

"Ia bisa terkena pasal masuk tanpa izin. Tapi sejauh ini, polisi akan merekomendasikan ia untuk diperiksa ke ahli jiwa." tutup Delaney sambil menambahkan bahwa tidak ada kerusakan pada pesawat jet. (Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini