Sukses

Lukisan Picasso Senilai US$27 Juta Disita Bea Cukai Prancis

Lukisan itu tidak diperkenankan keluar dari Spanyol, meksipun oleh pemiliknya sendiri.

Liputan6.com, Paris - Sebuah lukisan karya Pablo Picasso yang ditaksir seharga US$ 27 juta atau sekitar Rp 365 miliar disita oleh pemerintah Prancis. Melalui aparat bea cukai.

Mahakarya yang berjudul 'Head of a Young Woman' diketahui aset milik Spanyol dan tidak boleh  keluar dari negara itu.

"Lukisan ini ditemukan dalam kapal dan telah dibungkus rapi, siap ditransfer," kata Vincent Guivarch, asisten direktur Bea Cukai Prancis di Korsika kepada CNN.

Lukisan ini dimiliki oleh Jaime Botin, seorang banker dari Spanyol yang telah mencoba berkali-kali mendapatkan izin untuk mengimport karya Picasso ini semenjak 2012.

'Head of a Young Woman'  pertama kali ditemukan oleh bea cukai Pulau Korsika, sebuah pulau teritori Prancis hari Jumat 31 Juli 2015 lalu. Lukisan ini sedang menuju ke Switzerland.

Kapten kapal tidak punya dokumen apapun yang mengizinkan lukisan ini keluar dari Spanyol..

Pablo Picasso berhenti melukis lukisan cat minyak tahun 1906. Bulan Mei, rumah lelang Christi's menjual lukisan Picasso 'Les femmes d'Alger (Version 'O') seharga US$179.4 juta.

'Les femmes d'Alger' yang diterjemahkan sebagai 'The Women of Algiers' adalah salah satu maha karya dunia seni kontemporer. Lukisan ini melukis para model telanjang dan dilukis dengan ciri khas Picasso yaitu gaya kubistik. 

Picasso meninggal tahun 1973, melukis 'd'Alger' sebagai hormatnya kepada teman sekaligus lawannya, Henri Matisse, seorang impresionis Prancis. Pembeli 'd'Alger' itu tidak pernah diketahui oleh publik.

Lukisan Picasso lainnya yang pernah hilang adalah berjudul 'The Hairdresser'. Dimiliki oleh Prancis dan dilaporkan hilang 2001 namun akhirnya berhasil ditemukan di AS 2014.  Lukisan seharga US$2,5 juta atau Rp 33 miliar ditemukan oleh polisi AS menemukan lukisan itu dalam sebuah paket yang mencurigakan dari Belgia.

Paket itu dikirim lewat Fedex dari seorang pria bernama 'Robert' ke alamat gudang yang memiliki pengatur suhu.

Lukisan Picasso AS$27 Juta Disita Bea Cukai Prancis (Dailymail)

Dalam label paket tersebut tertera 'Art Craft- 30 Euro-Selamat Natal'. Hingga kini, para penyidik merahasiakan lokasi lukisan itu dan hasil penangkapan mereka.

Karya-karya Picasso adalah karya yang paling diincar oleh pencuri lukisan profesional karena tingginya nilai lukisan itu.

Lebih dari 500 lukisan Picasso hilang seperti dilaporkan oleh Art Loss Register yang bermarkas di London, seperti dikutip dari Daily Mail.

Tahun 2007, dua lukisan Picasso bernilai 50 juta euro atau sekitar Rp 734 miliar hilang dari rumah cucu maestro itu. Kedua maha karya itu adalah 'Maya with Doll' dan 'Potrait of Jacqueline'  hilang secara misterius tanpa ada tanda-tanda kerusakan.

Tahun 1989, 12 lukisan Picasso seharga 17 juta euro atau sekitar Rp 250 miliar, hilang dari vila French Riviera milik cucu Picasso lainnya. (Rie/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.