Sukses

5-8-1962: Marilyn Monroe Ditemukan Tewas

Pada tanggal yang sama pada 1960, sejarah besar terjadi di salah satu negara Afrika, Burkina Faso.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada hari ini, 1962, kejadian mengejutkan terjadi di Amerika Serikat (AS). Bintang terkenal seantero Negeri Paman Sam, Marilyn Monroe ditemukan tak bernyawa.

Monroe meregang nyawa di rumah di kawasan elite Los Angeles. Tidak cuma itu, ketika ditemukan tak ada benang sehelai pun di tubuh bintang film, sekaligus penyanyi ini.

Saat Kepolisian Los Angeles (LAPD) mengeledah rumahnya, dari keterangan yang mereka rilis saat meninggal, Monroe tengah memegang telepon.

Yang lebih mengejutkan lagi, turut ditemukan beberapa benda lain. Termasuk sebuah botol yang berisi pil penenang.

Karena benda itu, Kepolisian Los Angeles menarik kesimpulan awal, kematian Monroe akibat obat-obatan itu.

"Kematiannya dari hasil investigasi kami karena penggunaan obat terlarang secara berlebihan, dan ini kemungkinan besar adalah aksi bunuh diri," sebut pernyataan resmi LAPD seperti dikutip dari History, Rabu (5/8/2015).

Monroe lahir pada 1 Juni 1926, di Los Angeles. Dia terlahir dengan nama Norma Jean Mortenson.

Karir keartisan Monroe dimulai pada 1950, ketika mendapat peran kecil di film The Asphalt Jungle and All About Eve. Sehabis film tersebut karirnya melesat tajam.

Sejumlah film box office pun dibintangi Monroe, seperti Gentlemen Prefer Blondes (1953), How to Marry a Millionaire (1953), dan There’s No Business Like Show Business (1954), The Seven-Year Itch (1955).

Merupakan bukti kehebatan Monroe dalam dunia akting. Namun, di balik keglamoran dan prestasinya sebagai simbol seks AS pada era 50-an, ia dituding menderita depresi berat, sampai dia tewas.

Bahkan, menurut beberapa pihak Monroe meninggal tidak disebebkan bunuh diri. Tetapi ada beberapa teori konspirasi yang menyelimuti.

Termasuk dugaan dia dibunuh karena menjalin kisah cinta terlarang dengan Presiden AS era itu, John F Kennedy.

Pada tanggal yang sama pada 1960, sejarah besar terjadi di salah satu negara Afrika, Burkina Faso. Negara tersebut menyatakan kemerdekaan dari penjajah Prancis.

Selain itu pada 1930, pria bernama Neil Armstrong lahir ke dunia. Armstrong merupakan astornot pertama yang berhasil menginjakan kaki di bulan. (Ger/Rmn)
    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini