Sukses

Longsor di Jalan Raya China Terekam Kamera Amatir

Detik-detik saat longsor terjadi terekam dalam kamera amatir orang yang akan melintasi kawasan tersebut.

Liputan6.com, Qinghai - Hujan lebat yang mengguyur Provinsi Qinghai di barat laut China dilaporkan memicu tanah longsor. Puing-puing dari tebing yang berjatuhan pun dilaporkan menutup hamparan jalan raya di area itu.

Detik-detik saat longsor yang terjadi, terekam dalam kamera amatir orang yang akan melintasi kawasan tersebut. Salah satunya dimuat NBC News Selasa (4/8/2015).

Dalam rekaman berdurasi 3 menit 8 detik tersebut, terlihat puing-puing tebing dengan cepat meluncur ke bawah. Beruntung tak ada yang tengah berada di bawahnya.

Dalam hitungan detik, area itu pun langsung diselimuti debu putih akibat reruntuhan puing tebing yang menghujam jalanan.

Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa akibat longsoran tersebut. Pihak berwenang juga masih melakukan evakuasi puing dan memblokir jalan demi keselamatan.

Sementara, jalur dari dan menuju Provinsi Qinghai yang tertimbun material longsor, saat ini ditutup hingga rampung dilakukan pembersihan.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur pada Juli 2013 dilaporkan memicu banjir di bagian barat China. Ini yang terburuk dalam 50 tahun terakhir di sejumlah area.

Hujan memicu longsor yang mengubur hidup-hidup sekitar 30 orang, membuat ratusan manusia terjebak di terowongan jalan raya, juga menghancurkan tugu peringatan yang dibangun untuk mengenang bencana gempa mematikan yang mengguncang Sichuan pada 2008 lalu. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.