Sukses

Kisah Keturunan Indonesia 'Terdampar' di Vietnam Terpopuler

Kronologi penangkapan Eza Gionino terkait kasus narkoba juga menjadi berita populer.

Liputan6.com, Jakarta - Bagaimana terdampar di negeri orang? Tentu ada yang membuat sebagian orang harus bertahan, ada juga yang menyerah dan pasarah dengan keadaan. WNI ini terdampar sejak zaman Belanda.

Sebagian besar dari perantau keturunan Indonesia itu tidak dapat pulang ke kampung halaman, karena tidak memiliki dokumen kewarganegaraan dan tidak lagi memiliki hubungan dengan kerabat di Pulau Bawean.

Berita tersebut paling banyak dibaca pembaca Liputan6.com sepanjang Senin kemarin. Selain berita tersebut, ada juga berita populer lainnya, di antaranya penemuan puing pesawat Malaysia MH370, dan kronologi penangkapan Eza Gionino terkait kasus narkoba.

Berita populer dan terpopuler selengkapnya pada Senin 3 Agustus 2015 dapat disimak dalam Top 5 News berikut:

1. Kisah Keturunan Indonesia 'Terdampar' di Vietnam

Keberadaan orang keturunan Indonesia ternyata tidak hanya di Singapura atau Malaysia. Di Vietnam, terdapat sekelompok warga yang merupakan keturunan Indonesia. Mereka berasal dari Pulau Bawean, Jawa Timur, dan tinggal di Ho Chi Minh sejak masa pemerintah kolonial Belanda.

Mereka 'terdampar' di Vietnam karena alasan yang berbeda-beda. Sebagian memang karena merantau dan sebagian lagi karena bekerja untuk pemerintah kolonial Prancis yang berkuasa di Vietnam.

Selengkapnya...

2. Puing MH370 Dianggap Sampah dan Dibakar?

Bagian sayap pesawat diduga bagian Boeing 777 yang tersapu ombak ke pantai La Reunion menjadi petunjuk penting untuk menguak misteri hilangnya Malaysia Airlines MH370. Dan ternyata, tak hanya itu yang "dimuntahkan" lautan.

Nicolas Ferrier adalah salah satu petugas kebersihan, yang bertanggung jawab menjaga pesisir wilayah Prancis di Samudra Hindia itu tetap bersih. Ia mengaku beberapa kali menemukan "sampah" besar di sela pasir dan tumpukan batuan vulkanik.

Selengkapnya...

3. Kronologi Penangkapan Eza Gionino Kasus Narkoba

‎Tim dari Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan menangkap artis berinisial EG (28) saat mengonsumsi narkoba jenis sabu. Artis yang belakangan diketahui sebagai Eza Gionino ini ditangkap di rumahnya di Kompleks Cibubur Country, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 1 Agustus 2015.

Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Surawan mengatakan, penangkapan ini berawal dari laporan warga tentang adanya penyalahgunaan narkoba di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Saat kasus itu dikembangkan, polisi menemukan sejumlah bukti yang mengarah ke aktor ganteng tersebut.

Selengkapnya...

4. Ledakan di Makassar Hancurkan 6 Rumah

Ledakan terjadi ‎di Perumahan Puri Pattene Blok C Nomor 10 Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan. Peristiwa yang terjadi pada pukul 15.30 Wita menewaskan 3 warga setempat.

Kapolsek Biringkanaya, Makassar, Kompol Yunus mengatakan, selain menelan korban jiwa, ledakan juga mengakibatkan sejumlah rumah rusak. Namun begitu, pihaknya masih menyelidiki jenis ledakan tersebut.

Selengkapnya...

5. Legenda Lele Raksasa ‘Pemicu Gempa’

Udara terasa berat dan gerah sore itu. ‘Hawa gempa’, begitu menurut para petani Jepang. Benar saja, lindu melanda tak lama kemudian. Tapi kekuatannya tak sampai bikin merinding. Negeri Sakura sering digoyang kekuatan alam.

Tapi, Hamaguchi Gohei merasa aneh. Itu bukan gempa biasa. Durasinya panjang, gerakan yang berdenyut membuat kepala pria itu puyeng bukan kepalang.

Dari balkon rumahnya yang terletak di atas bukit, mata Hamaguchi memandang ke arah kampung halamannya di Hiro-Mura, Semenanjung Kii.
Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini