Sukses

Ahok: Jika Sistem Jalan, TGUPP Bentukan Jokowi Tak Perlu Lagi

Tim bentukan Presiden Jokowi saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta itu akan dibubarkan saat semua sistem sudah bekerja dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berniat membubarkan Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Tim bentukan Presiden Joko Widodo saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta itu akan dibubarkan saat semua sistem sudah bekerja dengan baik.

Sejak resmi menjadi orang nomor 1 di Ibukota, Ahok berkali-kali merombak susunan birokrasi di DKI Jakarta. Tujuannya agar oknum yang bermain di tubuh birokrasi bisa hilang. Dengan demikian, kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam melayani masyarakat bisa berjalan semaksimal mungkin.

"Kalau semua sistem udah jalan, perlu tim yang bertugas untuk melakukan percepatan enggak? Perlu TGUPP enggak? Enggak usah," ujar Ahok di Balaikota Jakarta, Senin (3/8/2015).

Mantan Bupati Belitung Timur itu memang masih mengkaji lebih dalam wacana ini. Bila hal itu diputuskan, para pejabat yang bergabung dalam TGUPP terpaksa distafkan. "Pejabatnya di-stafkan, udah nasib," ujar Ahok.

Jokowi membentuk TGUPP melalui Pergub Nomor 23 Tahun 2013. Dalam Pergub itu, TGUPP bekerja dan bertanggung jawab langsung kepada Gubernur. Tim bertugas untuk mendayagunakan sumber daya daerah untuk membantu Gubernur mempercepat pembangunan.

Beberapa pejabat yang menduduki posisi di TGUPP antara lain mantan Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Sarwo Handayani, mantan Kepala BKD I Made Karmayoga, dan mantan Kepala Dinas Pendidikan Taufik Yudi Mulyanto. (Ado/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.