Sukses

Terkuak, Kartu Jakarta Pintar Dipakai Karaoke dan Beli Emas

Pengawasan lebih sulit saat KJP bisa digunakan di seluruh toko dengan fasilitas Electronic Data Capture (EDC).

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai cara dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar dana dari Kartu Jakarta Pintar tidak disalahgunakan. Nyatanya, masih saja ada yang menggunakan uang itu tidak sesuai peruntukannya. Bahkan, pemprov menemukan ada yang menggunakan KJP untuk karaoke.

Hal ini terungkap dalam rapat pimpinan di Balaikota Jakarta. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan, penyelewengan itu berasal dari transaksi nontunai.

"Hal yang terjadi informasi dari Bank DKI terjadi penyalanggunaan kartu yakni dipergunakan untuk melakukan belanja nonpendidikan," kata Arie, di Balaikota DKI Jakarta, Senin (3/8/2015).

Selain karaoke, dia menemukan fakta uang KJP digunakan untuk makan di restoran dan belanja bahan bakar.

"Seperti karaoke, toko mas, restoran, SPBU, dan toko elektronik. Nilainya sampai Rp 700 ribu," tutur Arie.

"Dengan adanya fakta-fakta ini kembali memperkuat kebijakan untuk membatasi penarikan tunai terus dilakukan. Kami akan terus sosialisasi," tambah anak buah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok itu.

Direktur Utama Bank DKI Kresno Sediarsi memastikan telah menjalankan instruksi untuk membatasi penggunaan KJP. Tapi, pengawasan lebih sulit saat KJP bisa digunakan di seluruh toko dengan fasilitas Electronic Data Capture (EDC).

"Kalau untuk nontunai sudah dilakukan pembatasan, hanya bisa diambil Rp 50 ribu per minggu sesuai dengan jenjang pendidikan. Tapi untuk nontunai, tidak bisa kendalikan ketika berbelanja di karaoke," jelas Kresno. (Bob/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini