Sukses

Jokowi: Begitu Banyak Kontribusi Muhammadiyah untuk Bangsa

Muktamar Muhammadiyah dibuka meriah Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin. Turut hadir di acara tersebut, Presiden RI, Joko Widodo

Liputan6.com, Makassar - Muktamar ke-47 Muhammadiyah dibuka oleh sang Ketua Umum Din Syamsuddin dengan tanda membunyikan genderang di hadapan ribuan peserta muktamar. Turut hadir di acara tersebut, Presiden Joko Widodo beserta sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan jajaran Muspida Pemprov Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan peran dan kontribusi organisasi Islam tertua Indonesia tersebut dalam membangun bangsa. Kata Jokowi, sejak berdiri tahun 1912, Muhammadiyah sangat fokus dalam memajukan umat.

Dengan paham Islam berkemajuan, Muhammadiyah mampu mendirikan banyak fasilitas untuk membantu masyarakat, mulai fasilitas pendidikan hingga kesehatan.

"Sudah ada berapa juta bayi yang lahir di rumah sakit Muhammadiyah dan berapa juta siswa-siswi yang meniti pendidikan di sekolah Muhammadiyah? Kita bisa melihat begitu banyak kontribusi Muhammdiyah untuk negara dan bangsa kita ini," ucap Jowoki sambil diiringi tepuk tangan dari ribuan muktamirin yang hadir.

Jokowi menambahkan, jika Muhammadiyah telah cukup lama dikenal dengan gagasan dan kreatifitas berkemajuannya. Hal ini membuat Muhammadiyah bisa berkontribusi di berbagai kota bahkan hingga pedesaan.

"Dengan pandangan Islam berkemajuan yang dicetuskannya, segala modal sosial, organisasi Muhammadiyah serta Aisiyah berhasil menjadi motor kemajuan bangsa dan negara ini," tukas Jokowi.

Muktamar Muhammadiyah ke-47 digelar di Kota Makassar, 3-7 Agustus 2015. Sedikitnya, 3.000 peserta muktamar dan penggembira ambil bagian dalam acara yang berpusat di kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. (Ron/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.