Sukses

Jokowi Akan Beri Gelar Pahlawan Nasional ke KH Wahab Hasbullah

Rencana ini disampaikan Jokowi saat pembukaan Muktamar ke-33 NU di Jombang, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jombang - Presiden Joko Widodo untuk pertama kalinya akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada salah satu tokoh pendiri Nahdlatul Ulama. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat acara pembukaan Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama yang digelar di Gelanggang Olahraga Merdeka, Alun-alun Jombang, Jawa Timur.

"Sejak saya menjabat sebagai Presiden, saya akan memberikan gelar Pahlawan Nasional untuk yang pertama kalinya. Gelar tersebut akan saya berikan kepada Kiai Wahab Hasbullah," ucap Jokowi di Jombang, Sabtu (1/8/2015) malam.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan bahwa sejarah mencatat 26 tokoh NU turut membidani berdirinya Indonesia. Lantaran itulah, wajar bila NU sebagai penjaga kesatuan bangsa.

"NU wajar kalau menjadi garda terdepan kesatuan dan persatuan bangsa," tandas Jokowi.

NU menggelar Muktamar ke-33 selama 5 hari. Perhelatan lima tahunan itu direncanakan berlangsung mulai 1-5 Agustus 2015 di Jombang, Jawa Timur. 4 Pondok pesantren pun menjadi saksi sejarah baru perhelatan akbar ini. Pondok pesantren itu adalah Tebuireng, Tambakberas, Darul Ulum, dan Denanyar.

Sekitar 40 sampai 50 ribu orang hadir dalam pertemuan tersebut. Sebanyak 3.500 orang adalah muktamirin atau peserta pemilik suara di Muktamar NU. Sedangkan sisanya adalah muhibbin atau penggembira. (Ans/Tho)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.