Sukses

Pertama dalam Sejarah Muktamar NU Dibuka Malam Hari

"Selama 32 kali gelaran Muktamar NU, pembukaan selalu pada pagi atau siang hari."

Liputan6.com, Jombang - Pembukaan Muktamar Nahdlatul Ulama yang digelar 1 Agutus 2015 akan berlangsung malam hari di Alun-alun Jombang, Jawa Timur. Kepastian ini disampaikan Ketua Panitia Daerah Muktamar NU Saifullah Yusuf.

Gus Ipul, begitu Saifullah Yusuf kerap disapa, mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi hadir dan membuka perhelatan lima tahunan tersebut. Acara pembukaan dilaksanakan pada Sabtu (1/8/2015) pukul 19.30 WIB. Acara malam hari tersebut akan menjadi sejarah NU lantaran di luar kebiasaan.

"Selama 32 kali gelaran Muktamar NU, pembukaan selalu pada pagi atau siang hari," ujar Gus Ipul di Kantor PWNU Jatim, yang dikutip dari muktamarnu.com, Sabtu (1/8/2015).

Dia menegaskan tidak akan ada perubahan jadwal sidang kendati pembukaan dilangsungkan malam hari. "Usai pembukaan, acara akan dilanjutkan dengan pembahasan tata tertib," terang dia.

"Selanjutnya sidang komisi, sidang pleno, serta pemilihan rais aam dan ketua umum," imbuh Gus Ipul.

Pada hari terakhir muktamar yang mengusung tema 'Meneguhkan Islam Nusantara untuk Membangun Peradaban Indonesia dan Dunia’ ini akan ditutup Wakil Presiden pada Rabu 5 Agustus 2015.

Para utusan resmi muktamar yang mencapai 3.500 peserta akan menginap di 4 pesantren besar di Jombang, yakni Tebuireng, Tambakberas, Denanyar serta Rejoso.

Gus Ipul juga mengemukakan bahwa muktamar di Jombang ini merupakan kali ke-12 bagi Jawa Timur sebagai tuan rumah. Sebelumnya tercatat sebagai tuna rumah adalah Surabaya (6 kali), Malang, Madiun, Banyuwangi, Situbondo, serta Kediri. (Ali/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.