Sukses

Pesan Jokowi kepada Muktamirin NU

Presiden Jokowi membuka Muktamar ke-33 Nahdatul Ulama (NU) di Jombang, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jombang - Presiden Joko Widodo membuka Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama (NU) di Jombang, Jawa Timur. Dalam sambutannya, Jokowi berharap NU bisa menjadi jembatan dunia untuk menunjukkan agama Islam sebagai sumber kedamaian.

"Saya menaruh harapan besar terhadap NU sebagai jembatan, bukan hanya pemahaman peradaban tapi wujud Islam yang rahmatan," kata Jokowi di Jombang, Sabtu (1/8/2015) malam.

Jokowi mengharapkan NU dapat menjaga kerja sama dengan berbagai kalangan untuk meningkatkan tatanan dunia yang lebih baik.

"Terutama dalam mengatasi kemiskinan dan ketimpangan yang menjadi akar terorisme," kata dia.

NU, lanjut Jokowi, punya peran penting untuk menunjukkan gaya hidup Islam yang moderat. Dia mengapresiasi tema yang diusung dalam muktamar ini, yakni 'Meneguhkan Islam Nusantara untuk Membangun Peradaban Indonesia dan Dunia'.

"Tema ini menunjukkan warga NU yang memiliki keunggulan dan menunjukkan wajah Islam," ujar Jokowi.

Jokowi mengungkapkan kedatangan Perdana Menteri Inggris David Cameron ke Indonesia ingin mengetahui banyak terhadap Islam di Indonesia yang toleran dan damai.

"Dalam kunjungannya itu dia tertarik mempelajari sejarah Islam di negara kita, Islam yang maju dan toleransi. Dia juga ingin tahu lebih banyak tentang organisasi Islam di Indonesia," ungkap Jokowi. (Ant/Ali/Ans)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.