Sukses

Rano Karno Diberhentikan dari Wagub Banten Paling Curi Perhatian

Berikut Top 5 News edisi Jumat 31 Juli 2015.

Liputan6.com, Serang - Rano Karno diberhentikan dari Wagub Banten. Sedangkan Ratu Atut juga sudah diberhentikan dari posisinya sebagai Gubernur Banten. Dengan demikian, Rano segera dilantik untuk menduduki kursi nomor satu di Tanah Jawara.

Nah, berita mengenai bakal dilantik Rano Karno tersebut menyedot perhatian pembaca portal berita kesayangan Anda, Liputan6.com, terutama di kanal News sepanjang Jumat 31 Juli 2015.

Sementara 4 berita lain, termasuk berita mendalam mengenai penemuan benda diduga bagian dari pesawat Malaysia Airlines MH370, turut mencuri perhatian banyak pembaca.

Selengkapnya Top 5 News...

1. Rano Karno Diberhentikan dari Wagub Banten

Pemprov Banten telah menerima salinan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 63/P Tahun 2015 dari Direktorat Jendral Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri tentang pemberhentian Rano Karno sebagai Wakil Gubernur Banten dan Ratu Atut Chosiyah sebagai Gubernur Banten.

Setelah Rano Karno diberhentikan sebagai Wakil Gubernur Banten, maka pria yang juga karib disapa Bang Doel itu akan segera dilantik menjadi Gubernur Banten definitif menggantikan Ratu Atut Chosiyah.

"Setelah Keppres ini kami terima. Segera kami laksanakan mekanisme yang harus ditempuh. Termasuk konsultasi ke dewan (DPRD Banten) terkait persiapan rapat paripurna pemberhentian Atut sebagai Gubernur Banten," kata Sekda Banten Kurdi Matin di Serang, Jumat (31/7/2015).

Selengkapnya...

2. Akhir Misteri MH370?

500 Hari setelah penerbangan MH370 raib dari radar pada 8 Maret 2014, ada penemuan menggemparkan. Rabu, 29 Juli 2015, tiba-tiba ada kabar penemuan puing pesawat yang diduga kuat milik burung besi Malaysia Airlines nahas itu.

Benda mirip puing pesawat dilaporkan ditemukan di sebuah pantai di La Reunion, Samudera Hindia.

Menurut analisis awal, puing tersebut diduga merupakan bagian sayap, ditemukan di sebuah wilayah Prancis. Tapi pulau ini berada jauh dari jangkauan area pencarian pesawat yang berangkat dari Kuala Lumpur menuju Beijing itu. Namun tak jauh dari situ, pernah ada kecelakaan pesawat lain.

Potongan bagian pesawat yang ditemukan sekitar 110 mil barat daya dari Mauritius dan timur Madagaskar itu berukuran hampir 7 kaki atau sekitar 2 meter.

Selengkapnya...

3. Misteri Botol asal Indonesia di Dekat Objek Diduga MH370

Tak hanya koper compang-camping yang ditemukan di dekat objek diduga bagian sayap Malaysia Airlines MH370. Dua botol plastik juga tersapu ombak ke pantai Pulau La Reunion di pesisir Samudera Hindia.

Keduanya adalah botol air mineral berkapasitas 550 ml asal China, dan kemasan pembersih pakaian merek Indonesia berwarna biru.

"Namun, masih tak dimungkinkan untuk mengonfirmasi apakah 2 botol tersebut berasal dari MH370," demikian seperti Liputan6.com kutip dari situs berita berbahasa Prancis, Linfo.re, Jumat (31/7/2015).

Selengkapnya...

4. Kapal Pencari Cumi-Cumi Vs Tanker di Laut Jawa, 1 Tewas 3 Hilang

Tabrakan kapal terjadi di perairan Laut Jawa, tepatnya di titik koordinat 04,23,950 Lintang Selatan (Ls) dan 110,23,850 Bujur Timur (BT). Kecelakaan laut yang melibatkan Kapal Motor Segimas dan kapal tanker MT Navagoh itu terjadi Kamis 30 Juli 2015 sekitar pukul 10.40 WIB.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Liputan6.com, Kamis (30/7/2015) malam, KM Segimas membawa 12 anak buah kapal (ABK) dan 1 nakhoda. Mereka diketahui tengah mencari cumi-cumi.

Namun saat tengah mencari cumi-cumi, tiba-tiba datang kapal tanker warna hitam merah dari arah barat laut ingin ke selatan. Kapal itu diperkirakan akan mengarah ke Surabaya atau Semarang.

Dirpolair Polda Metro, Kombes Makhruzi Rahman mengatakan, kasus kecelakaan tersebut ditangani oleh Pol Air Baharkam Mabes Polri. Ia pun enggan berspekulasi soal penyebab tabrakan.

Selengkapnya...

5. Cari Batu Ulekan Cabai, Pria Ini Temukan Bagian Diduga MH370

Rabu pagi 29 Juli 2015, Johnny Begue menghabiskan waktu istirahatnya dengan berjalan-jalan di sekitar pantai. Kepalanya menunduk, dengan mata awas ia menyisir batuan berwarna abu-abu gelap yang menutupi permukaan pasir putih, mencari yang ukurannya pas untuk mengulek cabai.  

Cabai yang diulek halus merupakan bumbu penting dalam masakan penduduk di pesisir Samudera Hindia itu. Batu yang digunakan untuk menggiling tumbuhan genus capsicum itu memang kerap ditemukan di pinggir pantai -- tempat kerja Begue.

Pria itu adalah pemimpin tim beranggotakan 8 orang, yang bertugas membersihkan area pesisir di Kota Saint-Andre, di Pulau La Reunion, yang populer di kalangan turis.

Kemudian, matanya tertuju pada sebuah penampakan tak biasa. "Saat itulah aku melihat benda aneh di pantai," kata Begue, seperti Liputan6.com kutip dari Himalayan Times, Jumat (31/7/2015). "Aku langsung menyadari bahwa itu adalah bagian dari pesawat terbang."

Selengkapnya...

(Ans/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.