Sukses

5.500 Personel Polda Banten Siap Amankan Pilkada Serentak 2015

Brigjen Pol Boy Rafli Amar menjamin pelaksanaan Pilkada serentak gelombang pertama yang akan berlangsung pada 9 Desember 2015 mendatang.

Liputan6.com, Serang - Guna mengamankan berjalannya perhelatan Pilkada langsung gelombang pertama yang akan berlangsung pada 9 Desember 2015 mendatang. Polda Banten siap menerjunkan ribuan personel pengaman.

"Kita sudah siapkan rencana pengamanan oleh masing-masing Polres, dibantu Polda Banten. Total pengamanan sebanyak 3.500 personel untuk 3 daerah. Kalau dinyatakan perlu, akan kita tambah. Karena kita punya 5.500 personel," kata Kapolda Banten, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, Sabtu (1/8/2015).

Jenderal berbintang satu ini menjamin pelaksanaan Pilkada di Kota Cilegon, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Pandeglang akan berjalan lancar dan aman.

Meski begitu, dirinya tetap mewaspadai kemungkinan kisruh antar pendukung calon peserta Pilkada di setiap kabupaten dan kota yang sudah dipetakan daerah rawannya.

Guna mengamankan perhelatan Pilkada serentak pertama di Indonesia dan satu-satunya di dunia tersebut, Polda Banten mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 6,5 Miliar.

"Bentrok antar pendukung yang rawan. Tapi melihat pelaksanaan pilkades tidak anarkis dan terlihat  masyarakat sudah sadar demokrasi. Pilkades bisa lancar, Pilkada kenapa tidak," tegas dia.

Provinsi Banten tahun ini akan melaksanakan 4 Pilkada kabupaten dan kota, yakni Kota Cilegon, Serang, dan Pandeglang yang masuk dalam wilayah hukum Polda Banten. Sedangkan Kota Tangerang Selatan masuk ke dalam Polda Metro Jaya. (Tnt/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.