Sukses

Sempat Siaga IV, Tinggi Air Katulampa Normal Pagi Ini

Tinggi muka air di Bendungan Katulampa terus menurun hingga ke angka 30 cm atau dalam posisi status Normal pagi ini.

Liputan6.com, Bogor - Setelah mencapai ketinggian 80 centimeter atau posisi status Siaga IV pada Jumat malam 31 Juli 2015, tinggi muka air (TMA) di Bendungan Katulampa terus menurun hingga ke angka 30 sentimeter (cm) atau dalam posisi status Normal pagi ini.

Kepala Posko Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, sejak kemarin malam pukul 22.00 WIB tinggi air terus menurun dari 80 centimeter menjadi 60 cm. Sementara, pukul 03.00 WIB berkurang kembali di angka 50 cm dan hingga pukul 06.00 WIB menjadi 30 cm.

"Tadi malam sempat bertahan di ‎ketinggian 80 cm selama 2 jam. Pagi ini terpantau sudah normal. Ketinggian ini paling tinggi setelah hampir 3 bulan," ungkap Andi saat dihubungi, Sabtu (1/8/2015).

Volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung saat ini diperkirakan sebanyak 20 ribu liter per detik.

"Debit air di aliran Sungai Ciliwung tersebut akan tiba di Jakarta 12 jam kemudian. Untuk itu warga yang berada di bantaran sungai untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," jelas dia.

Untuk itu imbuh Andi, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

Kondisi cuaca saat ini di wilayah Puncak dan sekitarnya cerah berawan. "Diimbau kepada warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung untuk tetap berhati-hati dan antisipasi terhadap naiknya tinggi muka air di Bendungan Katulampa," pungkas Andi. (Ans/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.