Sukses

Presiden Turki Kagumi Kemegahan Masjid Istiqlal

Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan menunaikan salat Jumat bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK siang tadi di Masjid Istiqlal.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan menunaikan salat Jumat bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK siang tadi di Masjid Istiqlal, Jakarta. Di sana Erdogan sempat mengagumi kemegahan masjid yang bisa menampung hingga 200 ribu jemaah itu.

Seperti diungkapkan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi. "Tentu, Beliau mengagumi masjid ini besar," kata Yuddy di Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Ribuan umat muslim melaksanakan salat Idul Fitri 1436 H di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (17/7/2015).

Yuddy mengatakan, tak ada hal spesifik yang disampaikan Erdogan selama berada di Masjid Istiqlal. Perbincangan dengan Presiden Turki tersebut pun terbilang santai.

"Ya bicara yang santai-santai saja, ya apa kabar, bagaimana," ucap sang menteri.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan berdoa usai shalat Jumat di Mesjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (31/7/2015). Erdogan berada di Indonesia selama tiga hari dalam rangka kunjungan kenegaraan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Politisi Partai Hanura itu bercerita, Presiden Jokowi berhalangan sehingga tak bisa menemani Erdogan. Sudah ada agenda lain yang harus dilakukan Jokowi. Karena itu Wapres JK-lah yang bertugas mendampingi Presiden kelahiran 26 Februari 1954 itu.

"‎Biasa, kan yang namanya wapres dan presiden itu satu kesatuan kepemimpinan nasional. Jadi kalau misalkan presiden sibuk dengan kesibukan yang lain, ya wapres mendampingi, suatu hal yang biasa-biasa saja‎," tutur Yuddy.

Erdogan sedikit terlambat mengikuti ibadah salat Jumat siang tadi. Menteri Yuddy mengatakan, dia tiba saat rakaat pertama dimulai. "Tadi Pak Erdogan datang pas rakaat pertama," pungkas Yuddy. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.