Sukses

Presiden Turki Gandeng Indonesia Basmi Teroris

Erdogan menyebut, Turki dan Indonesia punya tujuan sama yakni menciptakan perdamaian dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Di sela-sela lawatan di Jakarta, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyempatkan diri menyampaikan kuliah umum di Kantor Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas). Di sana, ia menggarisbawahi soal masalah keamanan dunia.

Erdogan menyebut, negaranya dan Indonesia punya tujuan sama, yakni menciptakan perdamaian dunia. Hal tersebut diyakini dapat terwujud jika tindakan ekstremisme, radikalisme, serta terorisme bisa diredam.

Ia pun berharap, negara-negara di dunia termasuk Turki dan RI bisa bergandeng tangan dalam mengatasi masalah ini.

"Tentu saja Indonesia tengah berupaya melawan terorisme. Harapan kami Turki bisa bekerja sama dengan Indonesia untuk membasmi terorisme," ucap Erdogan di kantor Lemhannas, Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Di samping itu, Mantan PM Turki ini mengatakan sangat senang berada di Tanah Air. Dia juga menghaturkan apresiasi pada Indonesia.

"Di Asia Pasifik, Indonesia adalah negara terkemuka dan kuat, jadi Turki sangat ingin memperkuat hubungan dengan Indonesia," tutup Erdogan.

Lawatan Erdogan disambut baik oleh pemerintah. Sebab, Turki merupakan salah satu negara mitra penting bagi Indonesia.

Pernyataan terkait Turki adalah mitra penting ini bukan tanpa alasan. Hal itu karena hubungan kedua negara terjalin dengan baik, terutama di sektor ekonomi.

Sebelumnya, Erdogan melaksanakan salat Jumat bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

(Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini