Sukses

Kapolri Badrodin Pimpin Sertijab Kapolda Papua Hari Ini

Kali ini Badrodin mengganti Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende yang telah memasuki masa pensiun.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti kembali melakukan pergantian posisi kepala kepolisian daerah atau kapolda. Kali ini Badrodin mengganti Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende.

Berdasarkan Telegram Kapolri Nomor ST/195//VII/2015 tertanggal Kamis 30 Juli 2015, Brigjen Pol Paulus Waterpaw akan menggantikan Irjen Yotje Mende sebagai Kapolda Papua.

Dalam surat telegram itu, Yotje Mende dimutasi sebagai perwira tinggi Yanma Polri dalam rangka pensiun.

Acara serah terima jabatan (sertijab) Kapolda Papua ini rencananya akan berlangsung pada Jumat pagi (31/7/2015) di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Dalam acara itu, Badrodin akan memimpin langsung upacara sertijab pergantian Yotje oleh Brigjen Pol Paulus Waterpaw yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Papua Barat.

"Acara sertijab hari ini juga dihadiri pejabat Mabes Polri," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Suharsono di Jakarta.

Selain itu, dalam Telegram Kapolri tersebut disebutkan posisi Irjen Pol Yotje Mende akan digantikan oleh Brijen Pol Paulus Waterpaw. Paulus sebelumnya berdinas sebagai Kapolda Papua Barat.

Sementara untuk posisi Kapolda Papua Barat, Kapolri menunjuk Brigjen Pol Rpyke Lumowa yang sebelumnya bertugas sebagai Asisten Deputi Koordinasi Penanganan Daerah Konflik dan Kontijensi di Kementerian Koordinator Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Kabareskrim Polri Komjen Pol Budi Waseso memastikan, pergantian Yotje adalah atas dasar pertimbangan masa pensiun.

"Pertimbangan organisasi kan mungkin beliau sudah mau pensiun ya. Jadi persiapan beliau memang benar-benar mau pensiun. Jadi ditarik ke Mabes Polri, termasuk juga kan beliau mendaftarkan diri calon pimpinan KPK. Biar konsentrasi kan," ucap Budi di Mabes Polri pada Kamis 30 Juli 2015. (Ndy/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.