Sukses

Prasasti Tahun 869 Masehi Ditemukan di Candi Kedulan

Ukurannya cukup besar, sekitar lebar 79 cm, tinggi 78 cm, dan tebalnya 15 cm.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebuah prasasti berasal dari 869 Masehi ditemukan petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta di kompleks Candi Kedulan Tirtomartani, Sleman, Rabu 29 Juli 2015.

Kepala seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta mengatakan, petugas ekskavasi menemukan prasasti dalam kondisi terbelah 2. Prasasti itu ditemukan di kedalaman sekitar 3 meter di sebelah timur Candi Kedulan. Prasasti ini disimpan di Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta.

"Kemarin petugas ekskavasi menemukan prasasti di kompleks Candi Kedulan. Ukurannya cukup besar, lebar sekitar 79 cm, tinggi 78 cm, dan tebalnya 15 cm," kata Astuti, Kamis (30/7/2015).

Walaupun ditemukan dalam kondisi terbelah memanjang dari atas ke bawah. Namun kondisi batu dan tulisannya masih cukup bagus. Patahnya prasasti ini dimungkinkan karena terkena material vulkanik Gunung Merapi.

Astuti menjelaskan, dalam prasasti itu terdapat tulisan huruf Jawa kuno dalam 25 baris. Sampai saat ini teks dalam prasasti masih diteliti.

"Huruf Jawa kuno, total 25 baris. Kami akan bekerja sama dengan Arkeologi UGM khususnya untuk menerjemahkan tulisan itu," ucap dia.

Astuti berharap, dari prasasti yang ditemukan ini dapat menceritakan soal pendirian Candi Kedulan. Sebab, sebelumnya juga ditemukan 2 prasasti yang berisi tentang pembangunan bendungan dan peraturan tentang pembayaran pajak.

"Ya semoga saja tentang cerita pembangunan Candi Kedulan. 2 Prasati yang ditemukan tahun 2002 silam tentang bendungan dan peraturan pajak," tutur Astuti. (Mvi/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.