Sukses

PAN Calonkan 2 Kader di Pilkada Bolaang Mongondow Timur

Keduanya batal daftar saat masa pendaftaran hanya karena saling tunggu untuk memastikan dua-duanya daftar.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan, pilkada di Kabupaten Bolaang Mongondow ‎Timur, Sulawesi Utara terancam ditunda pada 2017, karena belum ada satupun calon yang mendaftar. Namun kabar beredar, ternyata bukan karena tidak ada calon, melainkan 2 pasangan calon dari partai yang sama batal mendaftar karena saling tunggu.

Keduanya ‎adalah kader Partai Amanat Nasional (PAN), yakni calon petahana Bupati Sehan Landjar dan satunya Sam Sachrul. Hal tersebut dipastikan langsung oleh Ketua DPP PAN Yandri Susanto, keduanya akan mendaftar pada masa perpanjangan 1-3 Agustus 2015.

"Kita sudah sampaikan Insya Allah dalam masa perpanjangan nanti akan mendaftarkan diri," kata Yandri Susanto saat dihubungi di Jakarta, Kamis (30/7/2015).

Yandri mengatakan, keduanya diusung oleh gabungan partai politik berbeda. Meski berasal dari partai yang berbeda, Yandri menyatakan, keduanya memenuhi persyaratan jumlah dukungan yang diisyaratkan KPU.

"Koalisinya berbeda. Keduanya dari awal sudah memenuhi syarat jumlah dukungan," ujar dia.

Anggota Komisi II DPR itu membantah, pencalonan 2 kadernya tersebut lantaran ada masalah terkait kepengurusan PAN di DPD Bolaang Mongondow Timur‎. Menurutnya, keduanya batal daftar saat masa pendaftaran kemarin hanya karena saling tunggu untuk memastikan keduanya daftar.

"Nggak ada perdebatan. Kemarin cuma saling tunggu saja. Jadi karena sama-sama menunggu‎ nggak jadi daftar," tandas Yandri. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini