Sukses

RI Siap Perjuangkan Timor Leste Jadi Anggota ASEAN

RI sedang melakukan studi tentang kesiapan Timor Leste untuk jadi anggota ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang pertemuan tingkat menteri negara ASEAN di Kuala Lumpur, 1-6 Agustus 2015, delegasi Indonesia kembali membawa sejumlah misi penting. Salah satunya mengangkat isu soal keanggotaan Timor Leste.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Direktur Mitra Wicara dan Antar Kawasan, Kementerian Luar Negeri, Derry Aman. Dia mengatakan pertemuan nanti merupakan waktu yang tepat untuk kembali mengangkat masalah ini.

"Keanggotaan Timor Leste tetap Indonesia kemukakan. Sudah saatnya ASEAN lebih mempertimbangkan Timor Leste untuk menjadi salah satu anggota ASEAN," ucap Derry di kantor Kemlu, Kamis (30/7/2015).

Derry menjelaskan hal tersebut menunjukkan konsistensi Indonesia. Sebab, Indonesia merupakan negara yang mengajukan bekas provinsi ke-27 ini masuk jadi anggota ASEAN.

"Indonesia menekankan terus (keanggotaan Timor Leste), oke, kita belum mencapai konsensus, tapi kemudian sudah ada gambaran ke depan apa yang harus kita lakukan," papar dia.

Dia menambahkan untuk saat ini sedang dilakukan studi soal kesiapan Bumi Loro Sae. Termasuk kesiapan di bidang politik keamanan, sosial budaya, dan ekonomi.

"Indonesia sebagai negara pencentus tidak akan tinggal diam, ini adalah isu yang harus dibahas. Komitmen Indonesia jelas. Di masa depan, Timor Leste akan jadi anggota ASEAN," tutup dia. (Rie/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini