Sukses

Pesan Jokowi untuk Perwira Remaja TNI-Polri

Jokowi memberikan pembekalan pada Calon Perwira Remaja TNI–Polri Tahun 2015 di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi meminta para calon perwira TNI dan Polri yang akan menjadi pemimpin bangsa untuk mendekatkan diri dengan rakyat. Hal ini karena mereka lahir dari rakyat dan juga digaji oleh rakyat.

"Dengarkan suara dan aspirasi rakyat. Utamakan dialog. Utamakan dialog, utamakan musyawarah. Saya ulangi. Utamakan dialog, utamakan musyawarah," kata Presiden Jokowi saat memberikan pembekalan pada Calon Perwira Remaja TNI–Polri Tahun 2015 di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu 29 Juli 2015 malam.

Seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Kamis (30/7/2015), Jokowi mengingatkan, musyawarah adalah budaya bangsa Indonesia. Karena itu dia pun meminta TNI-Polri bisa menyelesaikan setiap permasalahan, khususnya yang terkait dengan rakyat lewat musyawarah.

"Jangan langsung dihantam dengan kekuatan yang kita punyai, padahal itu rakyat kita sendiri. Yang menggaji kita," tutur Jokowi.

Namun Jokowi juga meminta mereka untuk berani dan tegas dalam menghadapi ancaman terhadap kepentingan nasional.

"Saya kira sudah beberapa kali saya sampaikan masalah yang berkaitan dengan masalah mafia migas, mafia illegal fishing, mafia impor pangan. Yang itu semuanya sangat menyengsarakan rakyat kita," ujar dia.

Sementara itu dia juga mengingatkan agar TNI-Polri bersatu dan menjauhkan rasa curiga.

"Saya tidak ingin lagi mendengar adanya gesekan apalagi sampai bentrokan antar-angkatan ataupun antara TNI-Polri, antar matra. Sekali lagi jangan lagi ada itu. Bangun soliditas TNI-Polri karena adik-adikku semuanya, kalian semuanya harus menjadi contoh," ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan, tugas utama para perwira TNI-Polri adalah melindungi kedaulatan teritorial RI yang membentang dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau We sampai Pulau Rote. Selain itu jajaran TNI-Polri juga harus menjaga seluruh kekayaan alam.

"Kita harus menjaga baik sisi lautnya, sisi daratnya, maupun sisi udaranya," sambung dia.

Dia juga meminta para remaja itu untuk melindungi rakyat dan memberi rasa aman. Termasuk mencegah kasus perdagangan manusia.

"Jangan ada perdagangan manusia yang lalu-lalang di depan mata kita, kita diam. Semua yang hadir di sini harus punya sense menghadapi masalah-masalah yang tadi saya sampaikan," pungkas Jokowi. (Ndy/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Polri

Video Terkini