Sukses

7 Pendaki Hilang di Gunung Lawu Ditemukan Selamat

Agus menjelaskan, 7 pendaki itu ditemukan‎ di ketinggian sekitar 3.100 meter.

Liputan6.com, Solo - Tims SAR berhasil menemukan 7 pendaki yang sempat hilang kontak, saat melakukan pendakian di Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Pendaki yang terdiri 2 anak-anak dan 5 remaja itu ditemukan dalam kondisi selamat di kawasan Sendang Drajat, yang tidak jauh dari puncak gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur itu.

‎Kepala Kantor SAR Semarang, Agus Haryono, mengatakan 7 pendaki  itu ditemukan tim Search dan Rescue Unit (SRU) 4 pada pukul 16.27 WIB di daerah Sendang Drajat. Semua pendaki ditemukan dalam kondisi selamat‎.

"Berdasarkan informasi dari tim SRU 4, saat ditemukan kondisi pendaki kelelahan karena sudah 4 hari hilang," kata dia, Solo, Jawa Tengah, Rabu (29/7/2015).

Agus menjelaskan, 7 pendaki itu ditemukan‎ di ketinggian sekitar 3.100 meter. Titik lokasi penemuan pendaki tidak jauh dari puncak Gunung Lawu.

"Jadi titik penemuan itu tidak jauh dari informasi yang menyatakan terakhir kali 7 pendaki itu terlihat oleh pendaki lainnya, di sekitar jalur puncak hingga titik penemuan itu," sebut dia.

Setelah ditemukan, kata Agus, 7 pendaki yang sempat hilang langsung dievakuasi ke posko di Cemoro Sewu. Evakuasi harus dilakukan malam ini, mengingat kondisi cuaca di Gunung Lawu cukup ekstrem.

"Malam ini dikondisikan untuk dilakukan evakuasi turun dari Gunung Lawu melalui Cemoro Sewu. Ini dilakukan karena ada anak-anak yang ikut dalam pendakian itu," jelas dia.

Agus menyebutkan, proses pencarian 7 pendaki yang melakukan pendakian Gunung Lawu sejak 25 Juli 2015 ini, pihaknya mengerahkan 135 relawan, SAR, TNI, dan Polri. Mereka dibagi ke dalam 5 SRU, masing-masing tim menyisir dari jalur pendakian berbeda.

"Pencarian dan penyisiran para pendaki itu dilakukan mulai dari jalur pendakian dari Cemoro Kandang, Cemoro Sewu, Tambak, Cetho, dan jalur lainnya. Semua jalur disisir untuk menemukan 7 pendaki yang hilang itu. Ternyata tim SRU 4 berhasil menemukan di Sendang Drajat," papar dia.

7 Pendaki yang sempat hilang kontak itu bernama Sasi (11), Abdul (8), Maya (18), Refi (18), Rizai (18), ‎Puput (18), dan Gabril (18)‎. Mereka melakukan pendakian ke Gunung Lawu pada 25 Juli 2015. Namun, hingga Selasa kemarin belum turun, sehingga relawan dan tims SAR melakukan pencarian. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini