Sukses

Alasan Singapura Tak Sambut Jokowi dengan Bendera RI

Presiden Jokowi menggelar pertemuan resmi dengan Presiden Tony Tan. Tak ada Merah-Putih yang terpampang di latar belakang.

Liputan6.com, Singapura - Dalam lawatannya ke Singapura, Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan resmi dengan Presiden Tony Tan. Keduanya duduk berdampingan. Dua bendera berwarna merah dan putih menjadi latar belakangnya.

Namun, foto pertemuan bilateral kedua pemimpin negara menimbulkan pro dan kontra.

Sebab, kedua bendera yang terpampang adalah adalah milik Negeri Singa: Bendera Singapura dan Bendera Kepresidenan Singapura. Tak ada bendera Indonesia yang dipasang.

Sejumlah pengguna internet (netizen) menilai, hal itu janggal. Mereka pun mempermasalahkannya di media sosial. Apalagi, biasanya dalam pertemuan bilateral pemimpin dunia, bendera yang digunakan adalah milik kedua negara.

Demi memperjelas situasi ini, Kementerian Luar Negeri segera mengeluarkan pernyataan. Melalui akun Twitter resminya mereka memberi "pencerahan".

"Singapura tidak menggunakan bendera negara tamu untuk semua pertemuan dengan Presiden Singapura di Singapura," sebut pernyataan resmi Kemlu, Rabu (29/7/2015).

"Bendera yang digunakan adalah bendera Negara dan bendera Kepresidenan Singapura," sambung pernyataan tersebut.

Penelusuran Liputan6.com, dalam pertemuan Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan dengan Presiden Singapura, memang yang dipakai hanya bendera Negeri Singa. Tidak ada bendera tamu yang terpampang.

Berikut foto Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono saat menerima gelar Order of Temasek First Class dari Pemerintah Singapura.

Presiden SBY dan Presiden Singapura Tony Tan (Foto:IST)

 

Juga tak ada bendera Australia dalam pertemuan antara PM Tony Abbott dengan Presiden Singapura. Lambang negara yang jadi latar belakang semuanya berwarna merah. Padahal, Bendera Nasional Australia berwarna dominan biru.

Pertemuan PM Australia Tony Abbott dengan Presiden Singapura Tony Tan (www.istana.gov.sg)

 

Union Jack juga tidak terlihat saat pewaris takhta Kerajaan Inggris Raya, Pangeran William, berkunjung ke Istana Negara Singapura.

Pertemuan Pangeran William dengan Presiden Singapura Tony Tan (IB Times)

(Ger/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini