Sukses

Kantor KPU Manggarai Barat NTT Dirusak

Perusakan itu terjadi pukul 18.50 Wita, Selasa 28 Juli 2015. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, membenarkan soal perusakan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Waputen, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dirusak oleh pendukung salah satu bakal calon kepala daerah. Ada sekitar 1.000 orang yang menyerang kantor tersebut.

Perusakan itu terjadi pukul 18.50 Wita, Selasa 28 Juli 2015. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membenarkan soal perusakan tersebut.

"Iya. Tapi tidak dibakar," tulis Tjahjo dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (29/7/2015).

Menurut informasi, massa merupakan pendukung bakal calon pasangan Fidelis Pranda dan Benyamin Padju. Massa melempari kantor KPU dengan batu dan benda-benda tumpul yang ada di luar kantor KPU Kabupaten Manggarai Barat.

Massa yang ada dalam kantor KPU juga merusak barang-barang inventaris yang ada di ruang pendaftaran.

Keributan terjadi karena Ketua KPU Mabar, Aventinus Jesman beserta 4 anggota komisionernya memutuskan menolak dokumen-dokumen pendaftaran calon pasangan tersebut. Keputusan ini diambil setelah berdiskusi dengan anggota Panwaslu Manggarai Barat.

Dokumen pasangan itu ditolak lantaran ada sejumlah syarat pendaftarannya yang tidak dilengkapi, seperti formulir B dan B1. Selain itu, 1 parpol tidak boleh mengusung 2 pasang bakal calon kepala daerah. (Bob/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.