Sukses

Pendaftaran Pilkada Ditutup, 45 Pasangan Mendaftar ke KPU Jatim

Choirul menjelaskan masa pendaftaran calon kepala daerah telah digelar 3 hari di 19 KPU setempat.

Liputan6.com, Surabaya - Hingga ditutupnya pendaftaran Pilkada serentak tahap pertama, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur merekapitulasi 45 bakal calon pasangan kepala daerah yang mendaftar di 19 daerah di Jawa Timur.

"Hingga hari terakhir pukul 16.00 WIB, dari 19 daerah penyelenggara Pilkada serentak, total 45 bakal pasangan yang mendaftar," tutur Komisioner KPU Jatim Choirul Anam, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (28/7/2015).

‎Choirul mengatakan masa pendaftaran calon kepala daerah telah digelar 3 hari di 19 KPU setempat, tepatnya sejak 26-28 Juli 2015.

Khusus di 3 daerah akan diperpanjang masa pendaftarannya mulai Rabu 29-31 Juli 2015. 3 Daerah tersebut adalah Kota Surabaya hingga batas akhir penutupan hanya 1 yang mendaftar, yakni pasangan petahana Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana (PDIP).‎

Kabupaten Blitar juga masih 1 pasangan yakni Rijanto (petahana wabup)-Marhaenis dari PDIP dan Gerindra. "Indartato (petahana bupati)-Yudi Sumbogo dari Partai Demokrat untuk Kabupaten Pacitan," pungkas Choirul.

Berikut bakal calon pasangan yang sudah mendaftar;

Kabupaten Trenggalek ada 2 bakal bakal calon pasangan, yakni Kholiq-Priyo Handoko yang diusung PKB dan Emil Elestianto-Mochammad Nur Arifin yang didukung PDIP, Demokrat, Golkar, Gerindra dan PAN.

Kabupaten Sidoarjo ada 4 pasangan, yakni pasangan Hadi Soecipto-Abdul Kholik yang didukung PDIP, Nasdem, Demokrat dan PBB. Saiful Illah-Nur Achmad Syaifuddin didukung PKB, dan pasangan Utsman Ikhsan-Ida Astuti yang didukung Gerindra dan PKS, serta pasangan Warih Andono-Imam Sugiri dari Partai Golkar dan PAN.

Kabupaten Ngawi 2 pasangan, yakni petahana Budi Sulistiyono-Ony Anwar yang didukung PDIP, Golkar, Gerindra, PKS, PKB, Nasdem, PAN, Hanura dan Demokrat, dan Agus Bandono-Adi Susila dari jalur independen.

Kota Pasuruan diikuti 3 pasangan, yakni Yus Samsul Hadi Subakir-Agus Wibowo dari perseorangan, Setiyono-Raharto Teno Prasetyo dari PDIP, Golkar, PAN, Gerindra dan PPP, dan Hasani-M Yasin yang didukung PKB, Hanura, PKS dan Nasdem.

Kabupaten Lamongan ada 3 pasangan, masing-masing Fadeli-Kartika Hidayati yang didukung Demokrat, PKB, PDIP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Hanura. Mujianto-Sueb dari perseorangan, dan Nur Salim-Edy Wijaya yang juga dari perseorangan.

Kota Blitar ada 4 pasangan, yakni Samanhudi Anwar-Santoso dari PDIP, Mochsin-Dwi Sumardianto dari perseorangan. Dari Kabupaten Jember yaitu Sugiarto-Dwi Koryanto didukung Gerindra, PKB, PKS, Golkar, PPP, dan Demokrat, dan Faida-Muqid Arif yang didukung Nasdem, PDIP, Hanura dan PAN.

Kabupaten Malang yakni Nur Cholis-Muhammad Mufidz dari perseorangan, Rendra Kresna-M Sanusi dari Golkar, PKB, Nasdem, Demokrat dan Gerindra, serta Dewanti Rumpoko-Masrifah Hadi dari PDIP.

Kabupaten Ponorogo ada 4 pasangan tanpa petahana, masing-masing Misranto-Isnen dari perseorangan, Sugiri Sancoko-Sukirno dari Golkar, Demokrat, PKS, Hanura. Pasangan Ipong Muchlissoni-Soedjarno dari Gerindra, PAN, Nasdem, dan Amin-Agus Widodo dari PKB dan PDIP.

Kabupaten Situbondo Abdullah Faqih Ghufron-Untung dari PDIP dan Demokrat, Abdul Hamid Wahid-Achmad Fadil Muzakki Syah dari PPP dan Gerindra, dan Dadang Wigiarto-Yoyok Mulyadi dari PKB.

Kabupaten Mojokerto yakni Mustofa Kamal Pasa-Pungkasiadi dari PDIP, Demokrat, PAN, PKS, Gerindra, Golkar, Nasdem, Misnan-Rahma Sofiana dari perseorangan dan Choirun Nisa-Arifudinsyah dari PKB, PPP, PBB dan Hanura.

Kabupaten Sumenep yaitu Busyro Karim-Achmad Fauzi dari PKB dan PDIP, Zainal Abidin-Dewi Khalifah dari PAN, Gerindra, Golkar, PPP, PBB, Demokrat, Hanura dan PKS.

Kabupaten Kediri Ari Purnomo Adi-Arifin dari Gerindra dan PAN, dan Hariyanti Sutrisno-Masykuri dari PDIP, Golkar, Demokrat, PKB, PBB dan PPP.

Kabupaten Banyuwangi yakni pasangan petahana Abdullah Azwar Anas-Yusuf Widiatmoko dari PDIP, Gerindra, Nasdem, PKS, PAN, PKB, dan Sumantri Soedomo-Sigit Wahyuwidodo dari Golkar dan Hanura.

Kabupaten Tuban yaitu Zakky Mahbub-Dwi Susiantin Budiarti dari perseorangan, dan petahana Fathul Huda-Noor Nahar Hussein dari PKB, PKS, PAN, PDIP, Gerindra, Nasdem, Hanura dan Demokrat.

Kabupaten Gresik yaitu Husnul Huluq-Ahmad Rubai dari PDIP, PAN, Gerindra, Sambari-Qosim dari PKB dan Demokrat, serta Nur Hamim-Junaidi dari Golkar. (Rmn/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini