Sukses

Mutasi 84 Perwira, Panglima TNI Tunjuk Pangkostrad Baru

Jenderal Gatot Nurmantyo melakukan mutasi dan promosi jabatan personel di tingkat Strata Perwira Tinggi (Pati)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah didapuk menjadi Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo melakukan mutasi dan promosi jabatan personel di tingkat Strata Perwira Tinggi (Pati) TNI. Ada 84 perwira yang dimutasi, termasuk posisi Pangkostrad yang sebelumnya kosong.

Kadispenum Puspen TNI Kolonel Czi Berlin G dalam keterangan tertulis, Senin (27/7/2015) menyebut mutasi berlangsung pada 3 matra. Sejumlah posisi penting mengalami perubahan, yaitu 48 perwira dari Angkatan Darat, 12 perwira Angkatan Laut, dan 24 perwira Angkatan Udara.

Perubahan posisi terjadi pada Pangkostrad yang kini dipegang oleh Mayjen TNI Edy Rahmayadi dari Pangdam I/Bukit Barisan. Jabatan tersebut sebelumnya kosong usai Jenderal TNI Mulyono diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Posisi lainnya yaitu jabatan Kapuspen TNI yang semula dipegang Mayjen TNI Mochamad Fuad Basya beralih kepada Mayjen TNI Endang Sodik. Fuad Basya kini menjadi Pati Mabes TNI dalam rangka pensiun.

Selain itu, peralihan juga terjadi pada posisi Danjen Kopassus. Jabatan yang dulu dipegang oleh Mayjen TNI Doni Munardo kini beralih kepada Brigjen TNI Muhammad Herindra Kasdam III/Siliwangi. Sedangkan Doni Munardo kini menjabat sebagai Pangdam XVI/Patimura.

Mayjen TNI Agus Sutomo dari Pangdam Jaya kini menjadi Dankodiklat TNI AD yang sebelumnya dijabat Letjen TNI Lodewijk Freidrich Paulus. Kini Freidrich menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Sedangkan posisi Pangdam Jaya masing kosong.

Mutasi tersebut berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/593/VII/2015 tanggal 25 Juli 2015, tentang Pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI telah ditetapkan mutasi jabatan 84 Perwira TNI. (Ali/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.